Emas Dunia Anjlok Lagi, Dampak Menguatnya Dolar

emas
emas (net)

KLIKPOSITIF - Harga jual emas dunia anjlok akibat dampak penguatan dolar AS. Selain itu imbal hasil obligasi AS hingga pasar ekuitas (saham) mengurangi daya tarik emas.

Dilansir dari CNBC, Senin (26/7/2021) emas di pasar spot turun 0,3 persen menjadi 1.800,72 dolar AS per ounce. Sedangkan emas berjangka AS menetap 0,2 persen lebih rendah ke harga 1.801,80 dolar AS.

baca juga: Hari Ini Harga Emas Turun Lagi, Rp 924 Ribu Per Gram

Harga emas batangan telah turun 0,7 persen minggu ini seiring ketakutan pada lonjakan kasus virus corona varian delta telah reda, mendorong investor keluar dari aset safe haven karena selera risiko telah kembali.

"Pasar emas mencari pendorong fundamental baru dan sebenarnya tidak ada," kata Jim Wyckoff, analis senior Kitco Metals.

baca juga: Kembali Naik, Emas Batangan Kini Dijual Rp 926 RIbu Per Gram

Tekanan yang menumpuk pada logam kuning adalah indeks dolar yang lebih kuat yang bertahan dekat dengan puncak 3,5 bulan terakhir dan imbal hasil Treasury yang lebih kuat. Yield yang lebih tinggi cenderung membebani emas, yang tidak membayar bunga karena diterjemahkan ke dalam peningkatan biaya peluang memegang logam.

Fokus pasar sekarang beralih ke pertemuan Federal Reserve AS minggu depan setelah Bank Sentral Eropa pada hari Kamis berjanji untuk mempertahankan suku bunga pada rekor terendah untuk beberapa waktu.

baca juga: Kejar Target 4 Juta Pelanggan, BPH Migas Mulai Uji Pasar Produk GasKita

Editor: Ramadhani