Dukung Program Pemerintah, Lapas Klas IIB Payakumbuh Sukses Gelar Vaksinasi Tahap II

Kalapas Muhammad Kameily saat menyaksikan vaksinasi tahap II di Lapas Klas IIB Payakumbuh
Kalapas Muhammad Kameily saat menyaksikan vaksinasi tahap II di Lapas Klas IIB Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Payakumbuh sukses gelar vaksinasi bertajuk Serbuan Vaksinasi Tahap II, Selasa 27 Juli 2021. Kegiatan ini sendiri bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Payakumbuh yang digelar di Kawasan Lapas Klas IIB Payakumbuh .

Kalapas Muhamad Kameily mengatakan pelaksanan vaksinasi tahap II ini merupakan sebagai bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19. Peserta sendiri dikatakannya tidak hanya warga binaan yang berada Lapas Klas IIB Payakumbuh , tapi juga masyarakat sekitar.

baca juga: Seorang Ibu Rumah Tangga di Tanah Datar Positif COVID-19

"Sebelumnya, tahap I telah di laksanakan dan untuk tahap ke II ini Alalhamdulilah warga binaan Lapas Payakumbuh telah mendapatkn Vaksinasi. Saya mengapresiasi kepada anggota atau petugas lapas serta pihak terkait, dimana dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dan Polres Payakumbuh yang telah berpartisipasi dalam kelancaran kegiatan ini," katanya.

Ia berharap dengan dilakukannya berbagai upaya penanggulangan ini pihaknya berharap Pandemi COVID-19 bisa cepat berlalu dan bisa kembali ke dalam kondisi normal. Sementara itu, Dokter Lapas Rini Lestari menambahkan bahwa vaksinasi tahap II ini merupakan penyempurna anti body vaksin tahap pertama.

baca juga: Ahli Sebut Vaksin Covid-19 Tidak Picu Keguguran pada Ibu Hamil

"Tercatat saat ini warga binaan Lapas Payakumbuh per Selasa 27 Juli 2021 ada sebanyak 312 orang. Namun yang dapat melaksanakan vaksinasi hanya sebanyak 265 orang dengan keterangan 35 orang masih ditahan di Polres dan 12 orang WBP belum bisa mengikuti vaksinasi dengan alasan kesehatan," ujar dr. Rini.

Kemudian, menurut informasi jumlah masyarakat yang mengikuti vaksin di Lapas Klas IIB Payakumbuh ada sebanyak 35 orang. Ia berharap bagi masyarakat yang belum divaksin untuk dapat segera vaksin di puskesmas atau tempat yang telah disediakan pemerintah.

baca juga: Tentukan Kelompok yang Penuhi Syarat Untuk dapat Vaksinasi Ketiga, CDC Lakukan Pemungutan Suara

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera