Prodi Teknik Mesin UBH, Lahirkan Lulusan Profesional dan Mandiri

Prodi Teknik Mesin UBH, Lahirkan Lulusan Profesional dan Mandiri
Prodi Teknik Mesin UBH, Lahirkan Lulusan Profesional dan Mandiri (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Prodi Teknik Mesin Universitas Bung Hatta (UBH) merupakan salah satu prodi unggulan. Pasalnya, lulusan prodi ini profesional dan mampu bekerjasama dalam team untuk memberikan solusi dalam menjawab permasalahan dibidangnya.

Ketua Prodi Dr. Juvial Mahyoeddin, M.T mengatakan lulusan Prodi Teknik Mesin memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan produk manufaktur. Kemudian juga dengan mempertimbangkan aspek pertambahan nilai, reliabilitas dan kualitas.

baca juga: Semen Padang Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Pelajar RTM di Koto Lua dan Lambung Bukit

"Lulusan kami ini juga memiliki kemampuan untuk merancang dan mengoperasikan sistem manufaktur menggunakan metode kuantitatif. Selain itu, lulusan memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan eksperimen, menganalisis dan menginterprestasikan data dengan menggunakan metodologi ilmiah sebagai upaya untuk menggali pengetahuan dan menyelesaikan masalah di bidang rekayasa (engineering)," kata Dr. Juvial Mahyoeddin.

Ia menjelaskan saat ini Prodi Teknik Mesin UBH telah berakreditasi B dengan kurikulum Revolusi Industri 4.0 berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Untuk tenaga pengajar dikatakannya, memiliki dosen berprestasi dengan background akademisi dan profesional, lulusan dari kampus nasional dan internasional.

baca juga: Nafas Panjang Perjuangan Benelli Jelajahi Pasar Motor Italia di Sumbar

"UBH saat ini juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di pulau sumatera. Kemudian untuk pelayanan mutu pendidikan juga menuju berstandar internasional melalui akreditasi IABEE dan juga terdapat program magang bersertifikat di industri besar," ujarnya saat dihubungi Selasa 27 Juli 2021.

Menurutnya, peluang kerja dan jaringan alumni juga sangat luas. Selain itu, program pembelajaran berorientasi pada pengembangan kreatifitas mahasiswa dan mendukung untuk berkarir menjadi PNS, karyawan swasta, maupun entrepreneur.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

"Mahasiswa dibekali dengan program pengembangan karakter dan nilai-nilai kebunghataan seperti santun, jujur, dan disiplin. Prodi ini juga merupakan program studi kompetitif dengan penguasaan software desain, diantaranya Software Helix, Software Inventor, Software Autocad, Software Solid Work, dengan sertifikasi internasional," katanya.

Sedangkan untuk fasilitas, Prodi Teknik Mesin dilengkapi ruang kelas yang nyaman dan ada sarana olahraga seperti bulutangkis, basket, tenis meja. Kemudian juga dilengkapi laboratorium berstandar Internasional, diantaranya komputer, CNC, proses produksi, prestasi mesin, fenomena dasar mesin, material dan metalurgi.

baca juga: Buang Sampah Sembarangan, Delapan Warga Padang Didenda Rp100 Ribu

"Prodi Teknik Mesin juga telah banyak bekerjasama dengan berbagai universitas, baik dalam negeri maupun luar negeri seperti Saga University, Gifu University, UKM Malaysia, dan UHTM Malaysia. Selain itu juga bekerjasama dengan UPN Yogjakarta, Universitas Jayabaya, ITENAS Bandung, Universitas Andalas, FT Untirta, dan beberapa perusahaan diantaranya PT. Hydrotamaris, PT. Semen Padang, PT. Kunango Jantan, PT. Incasi Raya Group, dan

PT. Pelindo," ujar Kaprodi Teknik Mesin.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera