Ribuan Batang Cemara Laut Ditanam di Pantai Pessel

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat penanaman cemara laut di di Muaro Anakan Nagari IV Koto Hilie- Batang Kapas.
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat penanaman cemara laut di di Muaro Anakan Nagari IV Koto Hilie- Batang Kapas. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar melakukan penanaman anak pohon cemara laut untuk merawat dan menjaga ketahanan pantai di daerah itu, Rabu 28 Juli 2021.

Penanaman anak pohon cemara laut ini disebar di lima lokasi di sepanjang pantai dengan luas 11 hektar. Bibit cemara berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sebanyak 6000 batang.

Bupati Rusma Yul Anwar sangat berterima kasih pada Kementerian Kelautan dan Perikanan karena telah memprioritaskan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai salah satu lokasi penanaman pohon cemara laut.

Menurutnya, hal ini adalah merupakan salah satu upaya mitigasi pemerintah dalam menyelamatkan pantai dari ancaman bencana. Selain itu juga berpeluang menjadi potensi objek wisata. Sehingga, itu perlu adanya peran bersama dalam menjaganya.

"Dan ini harus kita jaga dan rawat. Karena memang ini salah satu upaya mitigasi dan bisa menjadi potensi objek wisata dalam satu atau dua tahun kedepannya," ungkap bupati saat melakukan penanaman di Muaro Anakan Nagari IV Koto Hilie- Batang Kapas.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan Pessel, Andi Syafinal menjelaskan, di Pantai Muara Anakan ditanam sebanyak 1.250 batang.

Lalu, di Pantai Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti sebanyak 938 batang, Pantai Nyiur Melambai Kecamatan Ranah Pesisir sebanyak 2.000 batang.

Kemudian, Kampung Sungai Tawa, Kecamatan Batang Kapas sebanyak 688 batang, dan Nagari Sago Salido Kecamatan IV Jurai sebanyak 938 batang.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera