Universitas Dharma Andalas Umumkan Pemenang Unidha Competition 2021

Universitas Dharma Andalas Umumkan Pemenang Unidha Competition 2021
Universitas Dharma Andalas Umumkan Pemenang Unidha Competition 2021 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Dharma Andalas (Unidha) Padang lakukan pengumuman hasil kegiatan lomba tingkat SMA/SMK se Sumatera Barat, Kamis, 29 Juli 2021. Pengumuman lomba itu dilakukan sekaligus dengan penutupan acara lomba melalui aplikasi zoom meeting.

Hadir dalam kesempatan itu Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Deddi Prima Putra, Apt, Sekretaris Universitas Dharma Andalas Dr. Dodi Devianto, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dr. Emrizal, SE, MM dan sekretaris FEB, Ingra Sovita, SE, MM, Ak CA, Ketua Panitia Lomba Unidha, Ketua Prodi di lingkungan Universitas Dharma Andalas, mahasiswa/mahasiswwi, dan peserta Lomba Unidha Competition tahun 2021.

baca juga: Ditutup Sekjen Kemdikbudristek, Unand Sukses Gelar LIDM 2021

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Deddi Prima Putra, Apt dalam sambutannya mengatakan, tema lomba yang dibangun dan diadakan oleh tim sangatlah tepat karena membangun generasi yang kreatif dan inovatif serta memanfaatkan teknologi di masa revolusi industri 4.0.

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Deddi Prima Putra, Apt
Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Deddi Prima Putra, Apt

"Perubahan ini membuat kita harus bisa beradaptasi dan ini menjadi sangat berperan dalam kehidupan. Dalam waktu saat ini, Unidha mengangkat enam lomba yang dikemas dalam Unidha Competition sebanyak enam lomba, yakni MTQ, voice dubbing, cerita pendek, grafity, foto kreatif dan video edukasi. Kegiatan ini tidak hanya soal pengetahuan namun juga soft skill yang harus dimiliki, termasuk yang mengikuti lomba dan meraih kemenangan," katanya saat menyampaikan kata sambutan.

baca juga: Teknik Elektro UBH Bahas Kerjasama KKN Tematik Dengan Dua Nagari di Batusangkar

Ia mengatakan, bagi yang belum menang jangan jadikan hal ini persoalan karena kesempatan akan selalu terbuka terus dan itu tergantung pada keinginan dan motivasi. "Selamat kepada ananda dan kepada keluarga yang merasakan kebanggaan dan kebahagiaan atas kemanangannya dalam lomba ini," tuturnya.

Ketua panitia, Nino Sri Purnama Yanti
Ketua panitia, Nino Sri Purnama Yanti

Deddi Prima juga mengingatkan bahwa prestasi yang diraih hari ini oleh siswa SMA/SMK akan menjadi rekam jejak dalam berhadapan dengan pihak yang membutuhkan keterampilan ini. "Sehingga ketarampilan harus diasah yang tentunya akan menjadi bagian yang berguna dan menyokong kehidupan di kemudian hari. Saat ini bagi yang duduk di sekolah, maka sertifikat lomba yang didaptkan ini bisa menjadi modal dasar bagi ananda untuk mendaftar ke universitas yang diinginkan, sehingga universitas melihat itu sebagai motivasi yang baik bagi Anda," jelasnya.

baca juga: Belasan Mahasiswa ITP Siap Ikuti Kegiatan Magang Kampus Merdeka di Berbagai Perusahaan di Indonesia

Ia menuturkan dengan adanya kompetisi yang digelar pihak kampus membuat peserta yang ikut lomba menjadi tetap produktif di masa pandemi. "Ini karena semua lomba memanfaatkan teknologi, sehingga walaupun di masa pandemi tetap produktif dalam berkarya. Selain itu, berkolaborasi juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap survive di masa pandemi, menghasilkan dan juga bermanfaat bagi banyak orang," terangnya.

Lembaga Pusat Karir di Universitas Dharma Andalas
Lembaga Pusat Karir di Universitas Dharma Andalas

Dari kompetisi yang diadakan oleh Universitas Dharma Andalas, maka ini juga selaras dengan visi kampus dalam menghasilkan lulusan yang tak hanya mampu di bidang pengetahuan, namun juga mampu membuka lapangan kerja sendiri.

baca juga: Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang Diterapkan ITP? Ini Penjelasannya

Selain mengabdi di pemerintahan dan perkantoran, maka membuka lapangan kerja sendiri juga adalah hal yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang. "Selain itu, dengan memiliki usaha dan jasa sendiri, kita tidak akan bergantung pada orang lain, namun bisa menghasilkan manfaat kepada orang lain. Ini sangat sesuai dengan visi Unidha tahun ini yang tak hanya memberikan pengetahuan namun juga mengasah skill yang berguna nantinya untuk dunia kerja," paparnya.

Salah satu fasilitas perkuliahan Universitas Dharma Andalas
Salah satu fasilitas perkuliahan Universitas Dharma Andalas

Ketua panitia, Nino Sri Purnama Yanti mengatakan, kompetisi ini sudah dimulai sejak April hingga pengumuman pemenang pada hari ini. "Perlombaan ini untuk membangun generasi inovatif, kreatif, berteknologi dan bertakwa untuk masa depan Innonesia 2025. Ini juga sesuai dengan visi Universitas Dharma Andalas menjadi enterpreneurship university dengan kreativtas yang dimulai tahun ini sebagai tahun pertama. Kita berharap ini bisa berlanjut tahun depan Unidha Competition ini untuk tahun kedua, ketiga, dst," katanya.

Yanti mengatakan, pelaksanaan kompetisi ini tidak mengalami banyak kendala walaupun diadakan di masa pandemi. "Kita berharap pada pengumuman hari ini bisa membawa peserta ke kampus , namun karena pandemi, pengumuman dilakukan secara online. Alhamdulillah diikuti 23 sekolah tersebar di Sumatera Barat dan berharap kedepan banyak sekolah yang ikut," tuturnya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada yang menang dan bagi yang belum menang jangan berputus asa. Selain itu, pihaknya juga berharap kampus tersebut sebagai wadah bagi anak muda dalam beraktivitas.

"Kita berharap Unidha sebagai wadah anak muda berkreativitas dan masyarakat mengenal Unidha dari segi akhlak dan bersifat keagaamaan serta perlombaan yang sesuai dengan anak muda sekarang. Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, kepada rektor, dekan, sekretaris, panitia dan PIC lainya seperti Irsyad Shabri dengan tim, Sari Oktavia dan mahasiswa yang terlibat. Semoga kita bisa bertemu di unidha kompetisi tahap berikutnya," harapnya.

Salah seorang pemenang, Fadlan Mubarraq mengucapkan syukur atas prestasi yang didapatkannya dalam Unidha Competition. "Saya berharap semoga kompetisi ini memberikan semangat kepada kami generasi muda untuk terus berkarya. Dan semoga Universitas Dharma Andalas bisa menjadi wadah bagi kita untuk terus berkarya," paparnya setelah pengumuman.

Untuk pemenang diumumkan oleh Lisa Yusmita sebagai salah seorang panitia. Berikut daftar pemenangnya:

1. Lomba MTQ

Juara 1 Fadlan Mubarraq dari SMA N 1 Padang Pariaman

Juara 2 Rahmat Hidayat dari SMA 1 Lima Koto Timur

Juara 3 Natasha Rizki Putri dari SMA N 7 Padang

2. Voice dubbing

Juara 1 Aisyah Ummul Jannah dari Perguruan Islam Ar-Risalah

Juara 2 Khairunnisa dari SMA N 1 Lima Koto Timur

Juara 3 Pupsita Sari dari SMK Indonesia Raya

3. Cerita pendek

Juara 1 Shifa Izzatunnisa dari SMA N 1 Batang Anai

Juara 2 Nabillatulawal dari SMA N 7 Padang

Juara 3 Lutfia Cantika dari SMA N 1 Batang Anai

4. Lomba grafity

Juara: peby Septiadi dari SMA N 8 Padang

5. Lomba Foro kreatif

Juara Silvi Henita Rahma dari SMA N 4 Bukittinggi

6. Lomba video edukasi

Juara Tri Muhammad Raju Saputr dari SMA N 1 Batang Anai

Editor: Fitria Marlina