Hari Ini 70 Orang Warga Pasbar Positif Corona, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

.
. (Net)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Jumlah kasus positif Corona atau COVID-19 terus bertambah di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumbar. Kali ini kembali jumlah penambahan mencapai 70 orang.

Dimana penambahan kasus ini menyebabkan jumlah kasus Corona di Kabupaten Pasaman Barat terus meningkat dan sebanyak 96 orang telah meninggal dunia sejak pandemi Corona berlangsung didaerah itu.

baca juga: Pemerintah Harus Mitigasi Pelaksanaan PTM, DPR: PTM Penting, Meski Ditemukan Klaster Covid-19 di Sekolah

"Hari ini kembali penambahan 70 orang kasus positif Virus Corona , diantaranya 4 orang meninggal dunia," sebut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, dr Gina Alecia, Sabtu (31/7/2021) kepada KLIKPOSITIF .

Ia mengatakan dengan adanya penambahan 70 kasus positif Corona di Kabupaten Pasaman Barat, maka telah menjadi 1.696 orang warga di daerah itu dinyatakan positif virus Corona .

baca juga: Seorang Ibu Rumah Tangga di Tanah Datar Positif COVID-19

Sebelumnya positif Corona 1.626 kasus dan hari ini bertambah 70 kasus maka menjadi 1.696 kasus. Sedangkan yang sembuh sebanyak 1.087 orang, 96 orang meninggal dunia dan 512 orang masih positif sedang menjalani isolasi atau perawatan.

Gina merincikan penambahan 70 kasus positif Corona itu yakni, berdasarkan informasi dari Laboratorium FK Unand Nomor 3786/07/PDRPI-FK/2021 pada (31/7) terhadap hasil swab oleh Puskesmas Sukamenanti, Puskesmas Simpang Empat, Puskesmas Lembah Binuang dan Puskesmas Talu (27-28/7) didapatkan 19 orang terkonfirmasi positif Corona .

baca juga: DPRD Setujui Ranperda RPJMD Solsel 2021-2026 Jadi Perda

Kemudian berdasarkan hasil dari Laboratorium FK Unand Nomor 3684/07/PDRPI-FK/2021 pada (30/7) terhadap hasil swab oleh RSUD Pasaman Barat (28-29/7) didapatkan 25 orang terkonfirmasi positif.

Selanjutnya berdasarkan hasil dari Laboratorium FK Unand Nomor 3721/07/PDRPI-FK/2021 pada (31/7) terhadap hasil swab oleh RS Ibnu Simpang Empat (27-28-29/7) didapatkan kembali 25 orang terkonfirmasi positif.

baca juga: Tentukan Kelompok yang Penuhi Syarat Untuk dapat Vaksinasi Ketiga, CDC Lakukan Pemungutan Suara

Sedangkan berdasarkan hasil dari Laboratorium RSU Bunda Jakarat pada (31/7) terhadap hasil swab oleh Eco Medical Laboratorium Simpang Empat (31/7) didapatkan 1 orang terkonfirmasi positif.

"Untuk 66 pasien terkonfirmasi positif Virus Corona tengah dilakukan pemeriksaan kesehatan. Sebagian pasien ini telah mendapatkan perawatan isolasi di rumah sakit," terang Gina.

"Sedangkan sebagian pasien lainnya bakal melakukan isolasi mandiri di rumah masing - masing, rumah isolasi yang disiapkan nagari dan RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina Simpang Empat," sambungnya.

Gina juga mengaku pihak nya telah melakukan langkah cepat proses tracking untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat.

Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan COVID-19 dengan selalu bersikap kooperatif serta selalu bersikap tenang.

Selain itu memohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bahu-membahu membasmi penyebaran COVID-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Mari lakukan 6M yakni rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai Masker dengan benar, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas serta melaksanakan vaksinasi," ajaknya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri