Kemendag Gelar Puluhan Webinar, Bantu Pelaku Usaha untuk Ekspor

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Kementerian Perdagangan menggelar Program Serial Seminar Web (webinar) untuk pelaku usaha. Webinar ini digelar dua kali dalam sepekan, yaitu setiap Selasa dan Kamis pukul 14.00 WIB.

Pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM) dapat memanfaatkannya untuk melakukan konsultasi terkait peluang pasar ekspor. Pada periode 27 Juli 2021 s.d. 23 Desember 2021, sebanyak 39 perwadag secara bergilir akan menyampaikan informasi hasil pengamatan pasar di negara akreditasi masing-masing tentang produk Indonesia yang diminati pasar internasional saat ini dan di masa mendatang.

baca juga: IHSG Berada di Zona Hijau pada Pembukaan Perdagangan Pagi Ini

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengatakan, kegiatan webinar ini dilakukan untuk meningkatkan layanan informasi kepada pelaku usaha, terutama UKM) dalam membuka akses pasar di negara tujuan ekspor spesifik. Pada kesempatan tersebut, para pelaku usaha, khususnya kalangan eksportir pemula dan calon eksportir, dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan para Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

"Kemendag mendorong para pelaku UKM agar semakin memahami negara tujuan ekspor dan perkembangan terkini yang ada di sana. Perwakilan perdagangan akan menyampaikan hasil pengamatan dan peluang yang bisa dimasuki produk Indonesia. Dan, pelaku usaha dapat memanfaatkan kesempatan ini," ungkap Didi dilansir dari situs resmi Minggu, 1 Agustus 2021.

baca juga: Pemulihan Ekonomi Nasional Membaik, Menkeu: APBN Hadir di Hampir Seluruh Aspek Kehidupan Masyarakat

Menurut Didi meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, aktivitas ekonomi Indonesia harus terus difasilitasi agar segera pulih. Ekspor merupakan salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi , untuk itu webinar ini penting untuk mendukung peningkatan ekspor nonmigas.

"Kami optimis kinerja ekspor Indonesia akan semakin menjanjikan. Hal ini ditunjukan dengan neraca perdagangan periode Juni 2021 yang surplus USD 1,32 miliar. Kami akan terus memfasilitasi para calon eksportir dan eksportir pemula melalui informasi peluang pasar, peningkatan kapasitas, pengembangan produk, dan dukungan lainnya. Kami juga menggencarkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan ekspor," terang Didi.

baca juga: Hari Ini Harga Emas Turun Lagi, Rp 924 Ribu Per Gram

Hari mengungkapkan, Kemendag akan menggelar 37 webinar bersama perwakilan perdagangan hingga akhir tahun. Adapun jadwal webinar tersebut bisa diakses di media sosial Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag yang akan diperbarui setiap awal pekan. Pada Selasa dan Kamis pekan depan giliran Atase Perdagangan Bangkok dan ITPC Budapest yang akan memaparkan informasi peluang pasar Ekspor di Thailand dan Hongaria.

"Webinar informasi ekspor ini terbuka untuk umum. Bagi pelaku usaha yang ingin mengikuti sesi selanjutnya dapat memantau informasi di instagram Ditjen PEN yaitu @djpen.kemendag," tutur Hari.

baca juga: Kembali Naik, Emas Batangan Kini Dijual Rp 926 RIbu Per Gram

Editor: Ramadhani