Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Terpapar Corona, 12 Orang Diantaranya Klaster Rutan Batusangkar

Ilustrasi warga divaksinasi
Ilustrasi warga divaksinasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar hari ini bertambah sebanyak 78 orang dimana 12 orang diantaranya klaster Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Batusangkar, sehingga total warga yang terpapar virus Corona sebanyak 3.693 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis di Batusangkar, Minggu, 1 Agustus 2021 menyampaikan kasus konfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah sebanyak 78 orang dan pasien sembuh 21 orang.

baca juga: Pemerintah Harus Mitigasi Pelaksanaan PTM, DPR: PTM Penting, Meski Ditemukan Klaster Covid-19 di Sekolah

Ia menyebut sebanyak 78 warga yang terpapar COVID-19 tersebar di 11 kecamatan yaitu Batipuh 1 orang, Tanjung Emas 9 orang, Limo Kaum 23 orang, Lintau Buo Utara 10 orang, Lintau Buo 1 orang, Sungayang 1 orang, Pariangan 2 orang, Salimpaung 6 orang, Sungai Tarab 7 orang, Padang Ganting 3 orang, dan Tanjung Baru 3 orang. Kemudian ada tambahan dari klaster Rutan Klas IIb Batusangkar sebanyak 12 orang.

Disebutkan, data rekapan kasus konfirmasi positif sampai pukul 17.00 Wib adalah sebanyak 3.693 orang yang terdiri dari sembuh sebanyak 2.771 orang, meninggal dunia 120 orang, pasien dirawat di rumah sakit 96 orang, dan isolasi mandiri 712 orang.

baca juga: Seorang Ibu Rumah Tangga di Tanah Datar Positif COVID-19

Ia terus mengingatkan seluruh masyarakat untuk patuh protokol kesehatan (Prokes) COVID-19, karena melihat perkembangan kasus positif di Tanah Datar beberapa hari terakhir terus bertambah dan berada di zona orange dengan resiko sedang.

Diharapkan seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi, dan melakukan vaksinasi. (*)

baca juga: Honor Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Padang Dikurangi, DLH Sebut Ini Penyebabnya

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera