Bersama Bulog dan PT. POS Pemko Payakumbuh Salurkan 7.063 Bantuan Beras-PPKM

Bersama Bulog dan PT. POS Pemko Payakumbuh Salurkan 7.063 Bantuan Beras-PPKM
Bersama Bulog dan PT. POS Pemko Payakumbuh Salurkan 7.063 Bantuan Beras-PPKM (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF

Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog ) cabang Bukittinggi salurkan Bantuan Beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (BB-PPKM) tahun 2021 yang berlangsung di Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis 29 Juli 2021. Tercatat sebanyak 7.063 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) Program Keluarga Harapan ( PKH ) dan dan Bantuan Sosial Tunai ( BST ) yang akan menerima bantuan beras pada PPKM.

Kemudia ada sebanyak 47 kelurahan di Kota Payakumbuh akan menerima BB-PPKM dan dihari pertama penyaluran akan berlangsung di 5 kelurahan yang ada di kecamatan Payakumbuh Utara yaitu Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kapalo Koto Dibalai, Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, Balai Tongah Koto, dan Napar. Sedangkan untuk Kelurahan Ikua Koto Dibalai ada sebanyak 221 penerima BB-PPKM.

baca juga: Vaksinasi Digelar Oleh Pengurus RT, Camat Payakumbuh Selatan Apresiasi Kepedulian Masyarakat

Bantuan secara simbolis diserahkan Kepala Dinas Sosial Erwan bersama Kepala Perum Bulog cabang Bukittinggi M. Fikri Firdaus, Kepala PT. POS Indonesia Payakumbuh Untung, Kepala Dispapora Desmon Corina, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni, dan lurah Ikua Koto Dibalai Eki Maiyendri. Kadis Sosial Erwan mengatakan kegiatan tersebut merupakan kebijakan dari pemerintah pusat dengan adanya PPKM.

"Semoga BB-PPKM ini dapat membantu para keluarga yang merasakan dampak dari bencana yang kita alami saat ini. Pemerintah dalam penyaluran bantuan beras ini berusaha maksimal untuk menyalurkan secara cepat dan tepat sasaran. Kemudian dalam hal ini pemerintah mengeluarkan program bantuan sosial beras bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM-PKH dan BST di seluruh indonesia sehingga kebutuhan pangan beras bagi warga terkena dampak COVID-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya", kata Erwan.

baca juga: Gelar Vaksinasi Gelombang I, Puluhan Warga Ikuti Vaksinasi di Kantor Satpol PP Payakumbuh

Erwan berharap dengan telah disalurkannya BB-PPKM tahun 2021, semua pihak dapat membantu mengawasi penyaluran bantuan ini agar seluruh KPM di Kota Payakumbuh yang berhak mendapatkan bantuan beras ini dapat tepat sasaran. Selain itu, diharapkan bantuan ini bisa membawa manfaat dan mendapat berkah dari Allah SWT dan beban masyarakat khususnya KPM-PKH dan BST yang terdampak PPKM ini dapat terbantu.

Secara terpisah, Kepala Bulog cabang Bukittinggi M. Fikri Firdaus menyampaikan bahwa penyaluran ini akan dilaksanakan atau tersalurkan secepatnya dengan dibantu oleh dari Forkopimcam pada masing-masing kecamatan. Pihaknya pun juga turun langsung dalam menyalurkan beras tersebut sesuai dengan instruksi Presiden, dimana mulai hari ini penyaluran Bantuan Beras PPKM ini akan dikirimkan langsung kepada KPM-PKH dan BST sesuai data yang telah diterima dari pemerintah Kota Payakumbuh .

baca juga: Setelah Pemprov NTB, Kini Kabupaten Bener Meriah Aceh Belajar ke Kota Payakumbuh

"Nantinya masing-masing KPM akan mendapat bantuan beras sebanyak 10 kg yang telah disediakan Perum Bulog . Selain Kota Payakumbuh , saat ini kami juga telah menyiapkan penyaluran bantuan untuk 6 kota/kabupaten di Sumatra Barat lainnya seperti Padang Panjang, Agam, Limapuluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, dan Bukittinggi", ujar Fikri.

Sementara itu, Kepala PT. POS Indonesia Payakumbuh Untung juga menyampaikan bahwa sebelumnya PT. POS hanya menyalurkan bantuan berupa uang tunai, tapi sekarang PT. POS juga sudah ikut serta menyalurkan bantuan dalam bentuk beras. Proses pembagian ini dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

baca juga: Lakukan Akselerasi Vaksinasi, Wali Kota Riza Falepi Ajak Tokoh Agama, Politisi, dan Tokoh Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Sapu Jagat

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah