Wagub Sumbar Sebut Lomba Vlog Prokes untuk Antisipasi Penyebaran COVID-19

Wagub Sumbar Audy saat menyerahkan bingkisan untuk pemenang lomba vlog prokes
Wagub Sumbar Audy saat menyerahkan bingkisan untuk pemenang lomba vlog prokes (rd)

PADANG KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengapresiasi Vlog Contest yang digelar Lantamal II Padang untuk membantu sosialisasi protokol kesehatan di daerah itu guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Saat ini penyebaran COVID-19 di beberapa daerah di Sumatera cukup tinggi. Positivity Rate (PR) meningkat, tingkat keterisian tempat tidur (BOR) di Rumah Sakit meningkat dan oksigen terbatas. Memang butuh kepedulian bersama agar pandemi ini bisa berakhir salah satunya melalui Vlog Contest ini," katanya di Padang.

baca juga: Wagub Sumbar Minta Para Orangtua Berikan Anak Izin Ikuti Vaksinasi

Ia mengatakan itu saat menyerahkan hadiah pemenang Vlog Contest Protokol kesehatan COVID-19 yang digelar Lantamal II di Mako Lantamal II Teluk Bayur Padang, Senin (2/8/2021).

Wagub mengatakan penyelesaian permasalahan pandemi memang harus dari hulu yaitu dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan bagi semua lapisan masyarakat juga menggencarkan vaksinasi.

baca juga: Percepat Vaksinasi, Pemko Solok Siapkan Tim Khusus

Dengan demikian jumlah kasus positif bisa ditekan sehingga pemerintah dan pihak terkait tidak keteteran menyelesaikan permasalahan di hilir seperti menjaga ketersediaan oksigen, menyiapkan tempat tidur di RS dan kebijakan lain.

Ia berharap dengan kepedulian semua pihak pandemi segera berakhir dan ekonomi segera bergerak sehingga masyarakat serta pemerintah tidak lagi merasakan beban yang sangat berat.

baca juga: Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Lansia Kota Padang Baru Belasan Persen

Sementara itu Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto mengatakan pihaknya siap bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk memerangi COVID-19.

"Meskipun kegiatannya hanya berupa Vlog Contest tapi kami berharap sedikit sumbangsih ini bisa membantu pemerintah dalam menangani pandemi," ujarnya.

baca juga: Penerapan Aturan Mobilitas Kala Pandemi Perlu Partisipasi Semua Pihak

Ia menyebut penilaian untuk pemenang Vlog Contest yang dilakukan adalah ide cerita, visualisasi video dan penyampaian pesan.

"Yang paling penting adalah penyampaian pesan karena kita mengajak masyarakat agar lebih peduli penanganan COVID-19, katanya.

Para pemenang diantaranya untuk kategori umum, peringkat pertama Zahrian S, peringkat dua Rais Z dan ketiga Gema N.

Pemenang favorit Indrawati Mentari dan Adrian Tuswandi.

Kategori Badan Publik, TNI Polri dan Instansi Vertikal lainnya peringkat pertama Iqbal S dari Korem 032 Wirabraja, kedua Unit Humas dan Pemasaran Rumah Sakit Ibnu Sina Padang, ketiga Ahmad Azhari Polsek Bukit Sundi. Harapan I Bank Nagari dan harapan II Novrianto dari Forum Wartawan Parlemen.

Kategori Pelajar dan Mahasiswa peringkat satu Febri Nedi, peringkat II Amelia Putri dan ketiga Wulan Unesa.

Editor: Joni Abdul Kasir