Gubernur Sumbar: Sinergi Tokoh Adat dan Pemerintah Kunci Penguatan Ekonomi dan Adat

Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat diminta dalam penobatan Raja Kabuntaran Talu, Tuanku Bosa Ke XV, Jhonny ZA untuk memasangkan keris
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat diminta dalam penobatan Raja Kabuntaran Talu, Tuanku Bosa Ke XV, Jhonny ZA untuk memasangkan keris (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebutkan penguatan adat dan ekonomi akan sangat positif jika tokoh adat bisa saling bersinergi dengan pemerintah.

Hal itu dikatakannya di acara penobatan Raja Kabuntaran Talu, Tuanku Bosa Ke XV, Jhonny ZA di Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Senin (2/8/2021).

baca juga: Erick Thohir Akan Segara Tutup 7 BUMN yang Usahanya dengan Kondisi Tidak Sehat

"Tadi Tuanku Bosa XV menyampaikan dengan menguatkan adat dan ekonomi akan sangat positif sekali, jika tokoh adat bisa saling bersinergi dengan pemerintah dan antar nagari lainnya," katanya.

Menurutnya dengan terlaksananya penobatan Raja Kabuntaran Nagari Talu dapat berkesimbungan serta berkelanjutan kepemimpinan adat . Tentu dengan hal itu masyarakat khususnya di Talu bisa lebih baik.

baca juga: Pemerintah Harus Mitigasi Pelaksanaan PTM, DPR: PTM Penting, Meski Ditemukan Klaster Covid-19 di Sekolah

"Semoga kedepannya nagari dapat berkontribusi terbaik untuk masyarakat di Pasaman Barat serta Sumatera Barat. Kita harapkan itu," ucapnya.

Disamping itu Gubernur Mahyeldi juga menerangkan dalam sejarah, nagari telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa dengan menghadirkan tokoh-tokoh dan para pejuang di negeri Indonesia.

baca juga: Pemulihan Ekonomi Nasional Membaik, Menkeu: APBN Hadir di Hampir Seluruh Aspek Kehidupan Masyarakat

"Kita babaliak (kembali) ke nagari, karena dalam sejarah nagari telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa. Nagari yang kuat akan bisa menyelesaikan masalah yang ada," terangnya.

Untuk itu ia berharap dengan kuat nya nagari kedepan dengan hadirnya tokoh-tokoh yang visa memberikan kontribusi, bisa menyelesaikan masalah yang ada di nagari masing-masing dan untuk negara.

baca juga: DPRD Setujui Ranperda RPJMD Solsel 2021-2026 Jadi Perda

"Dengan hadir nya tokoh-tokoh yang bisa memberikan berkontirbusi untuk nagari dan untuk negara yang kita cintai ini, tentu ini akan berdampak baik," tutupnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri