Sandiaga Uno Sebut Penobatan Tuanku Bosa Talu XV Salah Satu Nilai Warisan Budaya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat menyampaikan pidato nya secara virtual dalam acara penobatan Tuanku Bosa Talu XV
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat menyampaikan pidato nya secara virtual dalam acara penobatan Tuanku Bosa Talu XV (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan penobatan Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa XV merupakan salah satu upaya melestarikan nilai-nilai warisan budaya.

"Penobatan Rajo Kabuntaran Talu Tuanku Bosa XV merupakan prosesi adat budaya agung," sebut Sandiaga Uno secara virtual di acara penobatan Tuanku Bosa Talu XV, Senin (2/8/2021).

baca juga: Andre Rosiade Kembali Boyong Kepala Daerah di Sumbar Temui Menteri PUPR

Untuk ia berharap kedepannya menjadi penanda tongkat estafet menuju kepemimpinan Nagari (Desa) Talu, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat yang elok dan makmur.

Kemudian kata dia sekaligus sebagai semangat dalam melestraikan nilai-nilai warisan budaya bangsa yang menjadi salah satu tradisi di Minangkabau.

baca juga: Buka Bimtek PPID, Bupati Pessel: Keterbukaan Informasi Publik Harus Sampai Seluas-luasnya untuk Masyarakat

"Kita ketahui bersama, Minangkabau merupakan salah satu kekayaan dan kebanggaan yang di miliki indonesia baik alam, adat, budaya dan tradisi masyarakatnya," katanya.

Sandiaga Uno juga sangat mendukung terselengaranya acara penobatan tersebut. Namun ia mengingatkan harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan disipilin.

baca juga: Selain Pelanggaran, Satlantas Polres Pessel Utamakan Edukasi Prokes Selama Operasi Patuh 2021

"Mari terapkan kaidah-kaidah kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan lingkungan dalam penyelengaraan ini. Kita juga berharap situasi COVID-19 cepat berakhir," ajaknya.

Disamping itu ia menerangkan ketika situasi COVID-19 sudah kondusif antraksi budaya ini dapat menjadi daya tarik wisata, yang nantinya dapat mendatangkan wisatawan nusantara maupun manca negara.

baca juga: Mengenal SKO Sumbar yang Kini Berubah Jadi SMAN 4 Sumbar

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar dan Pemda Pasbar serta pemerintah adat Nagari Talu yang telah menyelenggarakan acara ini dengan baik. Semoga berjalan lancar dan sukses untuk kita semua," ucapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Ramadhani