Hari Ini 5 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 85 Orang

Ilustrasi pemakaman pasien COVID-19
Ilustrasi pemakaman pasien COVID-19 (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Hari ini lima pasien COVID-19 asal Kabupaten Tanah Datar meninggal dunia sehingga kasus kematian akibat terpapar virus Corona di Tanah Datar bertambah menjadi 126 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis di Batusangkar, Selasa, 3 Agustus 2021 menyampaikan bahwa pihaknya mencatat kasus konfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah sebanyak 85 orang, pasien sembuh 86 orang, dan pasien meninggal dunia 5 orang.

baca juga: Feni Mardika, Mahasiswa IAIN NAtusangkar Juara I MTQ Asia Tenggara

Ia menyebut lima orang pasien COVID-19 yang meninggal dunia adalah Laki-laki usia 60 tahun, warga Kecamatan Lintau Buo Utara, Laki-laki usia 74 tahun, warga Kecamatan Lintau Buo Utara, Laki-laki usia 79 tahun, warga Kecamatan X Koto, Laki-laki usia 49 tahun, warga Kecamatan Tanjung Emas, dan Perempuan usia 84 tahun, warga Kecamatan X Koto.

Kemudian, sebanyak 85 warga yang terpapar COVID-19 tersebar di 10 kecamatan yaitu Batipuh 5 orang, Limo Kaum 29 orang, Kecamatan X Koto 11 orang, Tanjung Emas 10 orang, Salimpaung 1 orang, Pariangan 7 orang, Lintau Buo 1 orang, Batipuh Selatan 1 orang, Rambatan 1 orang, dan Lintau Buo Utara 19 orang.

baca juga: Penelitian: Suntik Vaksin Covid-19 Tidak Tingkatkan Resiko Keguguran pada Ibu Hamil

Disebutkan, data rekapan kasus konfirmasi positif sampai pukul 17.00 WIB adalah sebanyak 3.849 orang yang terdiri dari sembuh sebanyak 2.877 orang, meninggal dunia 126 orang, pasien dirawat di rumah sakit 108 orang, dan isolasi mandiri 757 orang.

Ia terus mengingatkan seluruh masyarakat untuk patuh protokol kesehatan (Prokes) COVID-19, karena melihat perkembangan kasus positif di Tanah Datar beberapa hari terakhir terus bertambah dan berada di zona orange dengan resiko sedang.

baca juga: Vietnam Setuju Penggunaan Vakzin Asal Kuba

"Kita mengajak warga untuk mau divaksin agar mengurangi resiko dan penyebaran COVID-19," tutur Yesrita.

Masyarakat yang sudah divaksin diingatkan tetap menjaga kesehatan dan disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi aktifitas diluar rumah.

baca juga: Cegah Penularan Covid-19, PLN UP3 Padang Kembali Adakan Vaksinasi

"Mari bersama-sama dan bersatu melawan COVID-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan," tutur Yesrita. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi