Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD, Bupati Pessel Jelaskan Hal Ini Terkait Strategis RPJMD 2021-2026

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat penyampaian jawaban Pemkab terhadap pandangan umum Fraksi DPRD Pessel terakit Ranperda RPJMD 2021-2026
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat penyampaian jawaban Pemkab terhadap pandangan umum Fraksi DPRD Pessel terakit Ranperda RPJMD 2021-2026 (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar menjelaskan langkah strategis Pemkab dalam penyusunan RPJMD 2021-2026. Penjelasan ini terkait jawaban Pemkab Pessel terhadap pandangan umum fraksi DPRD dalam Ranperda RPJMD Pessel 2021-2026.

Penjelasan ini, disampaikan Bupati Pessel dalam rapat paripurna DPRD Pessel, Rabu 4 Agustus 2021, di ruang rapat DPRD. Paripurna dipimpin Ketua DPRD Her mizen, didampingi Wakil Ketua DPRD Aprial Habas dan sejumlah pimpinan fraksi serta Pj. Sekda Pessel Luhur Budianda dan sejumlah Kepala OPD.

baca juga: Rapat Paripurna DPRD, Pemkab Pessel Jelaskan Ini Soal Turunnya PAD dan Kesehatan Gratis

Menurut Bupati, perancangan RPJMD yang diajukan adalah merupakan acuan kerja Pemkab Pessel dalam melaksanakan program kerja. Dimana program diatur berdasarkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati yang mengacu kondisi dan kebutuhan daerah.

Pimpinan DPRD Pessel saat penandatanganan persetujuan bersama Ranperda SOTK Pemkab Pessel
Pimpinan DPRD Pessel saat penandatanganan persetujuan bersama Ranperda SOTK Pemkab Pessel

"Salah satunya terkait dengan langkah-langkah pemerintah dalam meningkatkan sektor SDM di masa pandemi. Lalu, persoalan perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat. Hal itu guna meningkatkan ekonomi masyarakat," terangnya.

baca juga: Terkait Nota Ranperda APBD-P 2021, DPRD Pessel Gelar Pandangan Umum Fraksi

"Setelah itu, menyediakan layanan infrastruktur dasar bagi masyarakat miskin di Pesisir Selatan, dan meningkatkan pemenuhan infrastruktur penunjang sektor unggulan," jelasnya.

Diantaranya, sektor unggulan menurut nya, hal juga dilakukan dengan peningkatan peran generasi muda dalam pembangunan dan mengembangkan wirausaha muda. Karena hal itu, dianggap mampu mampu merespon perubahan, apalagi dalam melewati masa pandemi.

baca juga: DPRD Pessel Sepakati KUPA-PPAS Perubahan APBD 2021

"Sehubungan dengan masukkan saudara fraksi dalam RPJMD yang disusun perlu membuat kebijakan pelayanan kesehatan untuk menekan laju kenaikan pasien Covid-19. Hal itu, telah dituangkan dalam misi ke-2," ujarnya.

Dijelaskannya, misi ke-2 tersebut diantaranya, juga berkaitan dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan cakupan peserta jaminan kesehatan bagi masyarakat Pessel.

baca juga: Paripurna DPRD, Bupati Pessel Sampaikan Nota KUA PPAS APBD 2022

Selain itu, lanjut Bupati dalam menjawab pandangan 9 fraksi DPRD. Diantaranya hasil dari pandangan fraksi PAN, PKS, Golkar, Demokrat, PDI, Partai Bintang Karya Bangsa (Gabungan), fraksi Partai Persatuan Hati Rakyat Indonesia (Gabungan), dan fraksi Gerindra.

"Dengan disampaikannya jawaban ini kami dari pemerintah daerah berharap. Jika penjelasan kami belum lengkap bisa dibahas dalam pembahasan berikutnya," tutup Bupati Rusma Yul Anwar.

Sementara itu, Ketua DPRD Pessel, Hermizen mengucapkan terimakasih atas jawaban yang diberikan Pemkab Pessel, dan selanjutnya DPRD akan membentuk Pansus atas jawaban tersebut.

"Demikianlah rapat paripurna hari ini, kami selaku pimpinan menutup rapat hari ini, dan ucapan terimakasih pada semua yang telah hadir dalam ruang sidang rapat paripurna kali ini," ujarnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Fitria Marlina