Hadiri Pelantikan PAW Wali Nagari, Ini Pesan Bupati Pessel pada Pejabat Terpilih

Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar saat menghadiri pelatikan PAW Wali Nagari Amping Parak
Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar saat menghadiri pelatikan PAW Wali Nagari Amping Parak (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar mendorong pengganti antar waktu (PAW) Wali Nagari Amping Parak mampu menguasai potensi nagari dan mampu berpacu sesama wali nagari menjadi yang terdepan di segala bidang.

Menurutnya, untuk menjadi yang terdepan PAW wali nagari harus mesti memahami setiap regulasi, terutama regulasi desa yang berkaitan peningkatan pelayanan, peningkatan swadaya dan partisipasi masyarakat, serta percepatan pembangunan dan pada akhirnya menjadikan nagari sebagai entitas masyarakat mandiri.

baca juga: Bertambah Rp18 Miliar, Ranperda APBD -P Pessel 2021 Disetujui Jadi Perda

"Maju mundurnya pemerintah nagari sangat tergantung dari kemampuan wali nagari dalam memanfaatkan semua potensi yang dimiliki nagari dan menggerakkan SDM sesuai dengan kemampuan," ungkap Bupati Rusma Yul Anwar saat menghadiri pelantikan PAW dan sertijab Wali Nagari Amping Parak Wali Nagari Amping Parak, di Kantor Camat Sutera, Kamis 5 Agustus 2021.

Diketahui PAW Wali Nagari Amping Parak dilakukan karena pejabat definitifnya meninggal dunia dan kosong sejak 31 Agustus 2020, setelah kekosongan itu Bamus nagari menggelar musyawarah nagari khusus (Musnagsus). Diketahui sesuai masa jabatan wali nagari definitif Amping Parak berakhir hingga 2022.

baca juga: Jadi Sorotan, Belum Berumur Satu Tahun Masjid Terapung di Carocok Painan Pessel Sudah Rusak

Pelantikan dan sertijab, dihadiri PAW Wali Nagari Amping Parak, Saipul Bakri dan Pj Wali Nagari Amping Parak, M. Iqbal serta Muspika Kecamatan dan tokoh masyarakat.

Selain mampu memahami regulasi dengan baik, Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan wali nagari juga harus mampu menjadi motor penggerak percepatan pembangunan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

baca juga: Bawa Kabur Sepeda Motor Tukang Ojek, Dua Pelaku Dibekuk Polres Pessel

Selanjutnya, juga harus mampu mengetahui dan memahami potensi SDM maupun SDA, termasuk dalam mensosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan pemerintah di tengah masyarakat.

"Tentunya, hal berlaku kapan saja. Apalagi di tengah pandemi ini. Wali Nagari harus mampu membantu program pemerintah dengan membudayakan pola hidup bersih, sehat dan jangan lupa jaga prokes," tutupnya.

baca juga: Buka Bimtek PPID, Bupati Pessel: Keterbukaan Informasi Publik Harus Sampai Seluas-luasnya untuk Masyarakat

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Fitria Marlina