Terus Meningkat, Terjadi 38 Kasus Positif COVID-19 di Payakumbuh

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal saat umumkan kasus COVID-19 di Payakumbuh
Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal saat umumkan kasus COVID-19 di Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Satgas Penanganan COVID-19 Payakumbuh kembali umumkan penambahan kasus sebanyak 38 kasus, Sabtu 7 Agustus 2021. Hasil ini merupakan dari tracing yang dilakukan terhadap riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif beberapa hari yang lalu dan keluar hasilnya pada Jumat 6 Agustus 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal mengatakan peningkatan kasus terus meningkat tajam dari hari ke hari. Menurut catatannya, hingga hari ini ada sebanyak 317 kasus aktif di Kota Payakumbuh .

baca juga: Hari Ini Seorang Warga Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Tanah Datar, Dinkes : Capaian Vaksinasi Baru 29 Persen

"Untuk angka bebas isolasi juga mulai membaik yaitu sebanyak 24 orang. Sehingga sampai hari ini data untuk kota Payakumbuh didapati sebanyak 283 orang isolasi mandiri dirumah dan 34 orang dirawat di rumah sakit," katanya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan kota Payakumbuh dr. Bakhrizal mengatakan kasus covid di Payakumbuh kembali meningkat dengan jumlah kasus di atas 20 kasus perharinya. Hal ini dikatakannya dikhawatirkan kapasitas RSUD tidak mampu menampung atau melayani pasien yang nantinya membutuhkan perawatan.

baca juga: Akselerasi Pemberian Vaksinasi Covid-19 Perlu Peran Aktif Seluruh Elemen, Wapres: Jika Perlu Jemput Bola

"Dengan tingginya angka penambahan kasus di Payakumbuh, kita khawatir kapasitas rumah sakit tidak mampu menampung karena tingginya jumlah pasien yang butuh perawatan. Kemudian saat ini stok vaksin juga mulai menipis dan hanya bisa diberikan untuk penerima dosis ke dua saja," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan selalu gunakan masker, hindari kerumunan dan selalu terapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan tetap waspada dan selalu patuhi prokes (6M) dan ia berharap semoga kasus di Kota Payakumbuh kembali turun.

baca juga: Pemerintah Harus Beri Perhatian Khusus bagi Penyintas Corona yang Alami 'Long Covid-19'

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah