Asrama Haji Bukan Hanya Untuk Jemaah Haji, Menteri Agama : Karena Pelaksanaan Haji Hanya Setahun Sekali

Pembukaan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung
Pembukaan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, asrama haji dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat umum, tidak terbatas bagi jemaah haji saja. Penegasan ini disampaikanMenag saat meninjau persiapan penggunaan Rumah Sakit Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung bersama Menteri BUMN Erick Thohir, di Asrama Haji Lampung.

"Asrama haji bukan hanya untuk jemaah haji , karena pelaksanaan haji hanya setahun sekali, jadi bisa saja digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi umat," ucap Menag, Minggu (08/08/2021).

baca juga: Buntut Kasus Dugaan Asusila di Pesantren Jawa Barat, Kementerian Agama Akan Lakukan Hal Ini

Menurut Menag, tugas pemerintah adalah melayani masyarakat sebaik-baiknya. Untuk itu semua fasilitas yang dibangun dengan uang negara bisa digunakan masyarakat selama itu untuk kepentingan bersama, termasuk asrama haji .

"Apalagi saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, alih fungsi sementara asrama haji menjadi rumah sakit penanganan pasien covid sangat boleh dilakukan," ujar Menag.

baca juga: Optimalkan Pemanfaatan Asrama Haji, Pengelola Perlu Belajar Pengembangan Nilai-nilai Enterpreunership

"Di Indonesia ada 25 asrama haji yang siap digunakan untuk isolasi pasien covid atau bisa juga dialihfungsikan sementara sebagai rumah sakit pelayanan covid 19, silahkan saja mudah-mudahan kontribusi dari kami dapat bermanfaat bagi umat," imbuhnya.

Editor: Haswandi