Diberikan Rapor Merah Olah Presiden, Gubernur: Silahkan Saja, Kami Sudah Maksimal

PADANG , KLIKPOSITIF -- Meskipun diberikan rapor merah oleh Presiden Jokowidodo dalam penanganan Covid-19, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansyarullah mengklaim penanganan tersebut telah maksimal.

"Masalah rapor, silakan saja, Sumbar sudah sangat baik. Apa yang sudah dilakukan bupati wali kota sudah menunjukkan perbaikan," katanya saat diwawancarai, Senin 9 Agustus 2021.

baca juga: Pernah Makan Jeruk Mandarin? Ternyata Ini Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Ia mengatakan, sejak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, hingga PPKM level 4, intervensi dari Pemda sudah sangat baik.

Ia mengatakan, semula ada 4 daerah di Sumbar yang diharuskan menerapkan PPKM Darurat yaitu Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Padang dan Kota Solok. Setelah itu untuk PPKM level 4, daerah di Sumbar yang diharuskan menerapkan hanya Kota Padang .

baca juga: Anggota DPR Ini Minta Tindak Oknum Polisi yang Intimidasi Warganet

"Dari awalnya empat, sekarang tinggal satu, apa itu bukan perbaikan," katanya.

Menurutnya, pihaknya terus mendorong komponen yang terkait dengan penanganan covid agar terus bekerja maksimal.

baca juga: Tolak Usulan Pemerintah, Ini Tanggal yang Disetujui Fraksi PDI-Perjuangan Untuk Pemungutan Suara Pemilu 2024

Menurutnya, persoalan kenaikan angka penularan covid tidak hanya di Sumbar . Menurutnya, Dari kaca mata internasional Indonesia memang sedang menunjukkan kenaikan yang signifikan.

"Kalau melihat dari atas, dari ukuran internasional, Indonesia termasuk tertinggi. Berarti ini masalah pusat juga," kata Mahyeldi menambahkan.

baca juga: Pergeseran Hari Libur Tidak Mengubah Substansi Maulid Nabi Muhammad

Sebelumnya Jokowi memberikan rapor merah kepada lima provinsi mengenai penanganan covid. Yakni Kalimantan Timur, Sumatra Utara, Papua, Sumatra Barat dan Riau.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri