Bisakah Jemaah Asal Indonesia Melaksanakan Umrah? Ini Kata Konsul Haji KJRI Jeddah

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali
Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF - Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan bahwa Arab Saudi sudah membuka penyelenggaraan ibadah umrah untuk jemaah dari luar negaranya.

Lantas, bagaimana dengan jemaah umrah asal Indonesia? Endang belum bisa memberikan kepastian. Namun, KJRI Jeddah dijadwalkan besok (10 Agustus 2021) akan bertemu Wakil Menteri Haji Arab Saudi bidang Umrah untuk membahas penyelenggaraan ibadah umrah .

baca juga: PPIU Diminta Patuhi Prokes, Pelaksanaan Haji Tergantung Keberhasilan Penyelenggaraan Umrah

"Saya dan pak Konjen selasa besok baru akan diterima wakil Menteri Haji Bidang Umrah untuk membahas penyelenggaraan ibadah umrah ," jelas Endang melalui pesan singkat dari Jeddah, Senin (9/8/2021).

"Besok kami akan tanyakan kepastian izin keberangkatan bagi jemaah umrah asal Indonesia dan detail teknis lainnya," sambungnya.

baca juga: Catat, Ini Skema Keberangkatan dan Kepulangan Ibadah Umrah di Masa Pandemi

Menurut Endang, kebijakan penyelenggaraan umrah juga terkait dengan kebijakan Saudi dalam urusan penerbangan. Negara yang masih terkena suspend penerbangan ke Arab Saudi diperkirakan belum bisa memberangkatkan.

"Ini yang akan kami konfirmasi dalam pertemuaan dengan Wamenhaj. Apakah Indonesia masih terkena suspend atau bagaimana? Apakah jemaah umrah Indonesia bisa berangkat atau bagaimana?," sebutnya.

baca juga: Biaya Umrah di Masa Pandemi Perlu Penyesuaian, Sekjen Kemenag: Harus Dihitung Cermat

"Yang pasti, penyelenggaraan umrah di masa pandemi akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tandasnya.

Editor: Haswandi