Kemenag Sumbar Nilai Hal Ini Sebagai Tantangan yang Dihadapi dalam Pelaksanaan Realisasi Anggaran

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar optimis dan yakin realisasi serapan anggaran pada akhir tahun ini terlaksana dengan baik sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Demikian disampaikan Plt Kakanwil Kemenag H Syamsuir didampingi Kabag TU H Irwan dan Koordinator analisis pengelola keuangan APBN Susi Primayeni saat mengikuti rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2021 yang diselenggarakan Sekretariat Jenderal Kemenag RI, Senin (09/08).

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

Kehadiran H Syamsuir sebagai salah satu peserta yang diundang dari 36 peserta zona Sumatera yang terdiri dari 22 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, 10 Kanwil Kemenag Provinsi dan 4 UPT dan Balai.

H Syamsuir menyebutkan sampai saat ini alokasi untuk Sumbar telah terealisasi 59.89 persen dengan rincian untuk belanja pegawai sebanyak 63.01 persen, belanja barang terealisasi sebanyak 53.13 persen, belanja modal sebanyak 37.69 persen.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

Ia menyebutkan pada tahun ini ada beberapa tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan realisasi anggaran diantaranya belum bisa dilaksanakan kegiatan karena adanya kebijakan PPKM, menunggu jadwal pelaksanaan kegiatan seperti penerimaaan CPNS dan adanya realokasi kegiatan yang disebabkan kondisi pandemi.

"Adanya permasalahan selama ini dalam upaya pelaksanaan realisasi anggaran sehingga agak mempersempit gerak kami yaitu terkait ditetapkannya provinsi Sumbar sebagai daerah PPKM darurat ", tuturnya.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Namun walaupun ada permasalahan tersebut, Kanwil Kemenag Sumbar telah menyiapkan lsngkah- langkah dan solusinya, seperti segera merealisasikan kegiatan ketika PPKM telah usai dan jadwal pelaksanaan kegiatan seperti penerimaan CPNS telah ditetapkan

Editor: Eko Fajri