Usulan Bawang Merah Varietas Sumbu Marapi Jadi Milik Tanah Datar Disetujui Kementan RI

Tanaman Bawang Merah varietas Sumbu Marapi
Tanaman Bawang Merah varietas Sumbu Marapi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumbar yang sebelumnya mengusulkan agar tanaman Bawang Merah Varietas Sumbu Marapi memperoleh Tanda Daftar, akhirnya disetujui Kementerian Pertanian RI.

"Kita mengusulkan pada 21 Juni 2021 ke Kementerian Pertanian RI, dan baru dinyatakan sudah terdaftar sebagai varietas lokal pada 2 Agustus 2021," ucap Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi di Pagaruyung, Kamis 12 Agustus 2021.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Penyandang Disabilitas di Tanah Datar yang 34 Tahun Menderita Tumor Ganas

Ia menyampaikan apresiasi atas dukungan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Sumbar, sehingga Bawang Merah varietas Sumbu Marapi resmi milik Tanah Datar .

"Bawang Merah varietas Sumbu Marapi ini mempunyai keunggulan produktivitas yang lebih tinggi," tutur Yulfiardi.

baca juga: Masjid Baburrahim Batu Basa Senilai Rp21,3 miliar, Inisiasi Ranah Rantau

Sementara itu, Kabid Hortikultura Distan Tanah Datar Sri Mulyani menyampaikan umbi Bawang Merah varietas Sumbu Marapi ini muncul ke permukaan tanah dan bertingkat-tingkat dengan diameter 1,7 - 2,5 milimeter.

"Jumlah umbi per rumpun 15 sampai 25 umbi dengan berat per rumpun 130 sampai 180 gram dengan umur panen 73 sampai 75 hari setelah tanam," jelas Sri.

baca juga: Hari Ini, Seorang Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di Tanah Datar

Ia mengharapkan dengan adanya varietas Sumbu Marapi ini, masyarakat Tanah Datar khususnya para petani bawang untuk memakai varietas asli Tanah Datar .

"Pada 2021 Pemerintah Daerah Tanah Datar telah mengembangkan bibit varietas Sumbu Marapi ini untuk 3 hektare lahan dimana hasilnya 25 - 30 ton per hektare, dan pada 2022 akan kita tingkatkan menjadi 5 hektare," tutur Sri.

baca juga: Kegiatan KIE di Tanah Datar, Darul Siska Sebut Ini Penyebab Capaian Vaksinasi Sumbar Rendah

Saat ini, setelah diperoleh Tanda Daftar, Pemkab sedang mengurus izin edar untuk Bawang Merah varietas Sumbu Marapi sehingga bisa dipakai oleh petani di Tanah Datar , Sumatera Barat atau daerah lain.

Bagi petani yang ingin mendapatkan bibitnya dapat diperoleh di penangkar Kelompok Tani (Keltan) Borneo Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan dan Keltan Serona di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum.

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi