Bacakan Teks Proklamasi, Puan Maharani Kenakan Pakaian Minangkabau dari Lintau

Puan Maharani
Puan Maharani (net)

KLIKPOSITIF - Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani mengenakan pakaian tradisional Minangkabau saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Puan mengenakan pakaian tradisional Bundo Kanduang, asal Lintau, Tanah Datar, Sumatera Barat

Puan Maharani dipercaya menjadi pembaca Teks Proklamasi dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Menurutnya, tugas membaca Teks Proklamasi yang 76 tahun lalu dibacakan Bung Karno memiliki makna tersendiri baginya sebagai cucu Sang Proklamator..

baca juga: Dugaan Kasus Kecurangan Seleksi CASN, Tjahjo: Ini Mengarah ke Tindak Pidana

Busana adat yang biasa disebut juga dengan Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan busana yang biasa dipakai oleh wanita Minang di Minangkabau , Sumatera Barat. Busana ini biasa dipakai oleh seorang wanita yang telah dewasa atau yang telah menikah, dengan memakai Tingkuluak Balenggek, penutup kepala yang berasal dari Lintau, Tanah Datar.

Puan terlihat mengenakan busana Bundo Kanduang bernuansa krem, merah dan emas ini. Oleh wanita Minang, busana Bunda Kanduang biasa dipakai pada acara adat seperti pernikahan, pengangkatan datuak, dan lainnya. Makna dari busana ini adalah merupakan simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga.

baca juga: Raih Nilai 98.21, UNP Unggulu Unpad Hingga UI Sebagai Perguruan Tinggi Informatif

Dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Didaulat membacakan Teks Proklamasi. Teks yang dibacakan oleh kakeknya Soekarno pada 1945.

Editor: Ramadhani