PKSM Sumbar Ritno Kurniawan Raih Anugerah Wanalestari KLHK

Ritno Kurniawan saat jadi pembicara di Kick Andy 'Yang Muda Berhati Mulia' pada tahun 2018 lalu di Jakarta
Ritno Kurniawan saat jadi pembicara di Kick Andy 'Yang Muda Berhati Mulia' pada tahun 2018 lalu di Jakarta (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pegiat pariwisata asal Padang Pariaman , Ritno Kurniawan raih terbaik 2 Nasional dalam Anugerah Wanalestari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI. Prestasi ini diraihnya kemarin Kamis 19 Agustus 2021 saat pengumuman pemenang se-Indonesia via zoom.

Ritno Kurniawan saat dihubungi KLIKPOSITIF , Jumat 20 Agustus 2021 mengatakan anugerah tersebut diraihnya setelah pada 2020 lalu ia dinilai menjadi terbaik pertama kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) tingkat Sumbar . Namun sebenarnya, sebagai pegiat pariwisata, ia hanya mengaku mengabdi tanpa untuk kemajuan nagarinya di Padang Pariaman .

baca juga: Umrah Untuk WNI Kembali Dibuka, Ini Langkah Satgas Covid-19

"Penghargaan ini awalnya dinilai oleh tim Dinas Kehutanan Sumbar tahun 2020 dan karena melihat kegiatan serta pengabdian ambo di Hutan Gamaran Ekowisata Nyarai sebagai kegiatan penyuluhan maka Dishut menilai ini sebagai sebuah kegiatan penyuluhan. Alhamdulillah saat itu dapat peringkat pertama kategori PKSM dan tahun 2021 ini diminta melengkapi beberapa berkas untuk diserahkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," ujar peraih Satya Lencana Kepariwisataan 2019 dari Presiden RI.

Ia menjelaskan rencana awal, tim juri akan melakukan visitasi langsung ke lapangan. Namun dikatakannya karena pandemi di Indonesia masih berlanjut sehingga penilaian dilakukan secara zoom sekitar 2 bulan lalu.

baca juga: Industri Sawit Punya Nilai Ekonomi Ratusan Triliun, Ini Langkah Pemerintah

"Dalam penjurian tersebut, juri bertanya dan saya melakukan presentasi di depan juri terkait apa yang telah saya dan masyarakat sekitar lakukan. Dimana waktu itu mengajak masyarakat dan pemandu di kegiatan Gamaran Seribu Hutan untuk terus berkegiatan," kata Ritno yang kini telah memegang beberapa sertifikasi seperti Penyuluh Pariwisata dari Kemenparekraf RI, Kepanduan Outbond dan Kepanduan Arung Jeram dari BNSP RI

Sementara itu, ia menambahkan bahwa kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat atau PKSM yang dilakukannya berbeda dengan PKSM PNS. Sebab untuk PKSM non PNS atau seperti yang telah dijalaninya selama ini bergerak secara sosial, tanpa gaji, bantuan dan support penunjang untuk kegiatan serta murni sosial.

baca juga: Akselerasi Pemberian Vaksinasi Covid-19 Perlu Peran Aktif Seluruh Elemen, Wapres: Jika Perlu Jemput Bola

Beberapa penghargaan yang pernah diraih Ritno Kurniawan adalah Penghargaam Teladan Pariwisata Nasional 2019 dari DPD RI, Nominator Kick Andy Heroes 2019 dan Pembicara Kick Andy 'Yang Muda Berhati Mulia' 2018, Penghargaan Bidang Lingkungan Satu Indonesia Award 2017 dari Astra Internasional, dan Penghargaan Alumni Muda Berprestasi UGM 2016 serta Penggerak Pariwisata Sumbar 2016 dari Riau Post.

Selain itu, untuk kategori berkelompok, ia juga meraih beberapa penghargaan seperti Penghargaan Kalpataru Tingkat Sumbar 2018 Kategori Kelompok Penyelamat Lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup, Juara I European Outdoor Conservation 2016 dari EOCA, dan Juara I Inovasi Manajemen Lingkungan dari PT. Semen Padang serta Juara II Kelompok Sadar Wisata LA Adventure Tingkat Nasional 2014 Dari Kementerian Pariwisata RI.

baca juga: PKS: Ketahanan Keluarga, Perlindungan Ibu dan Anak Catatan Besar Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani