Teknik Elektro UBH Bahas Kerjasama KKN Tematik Dengan Dua Nagari di Batusangkar

Teknik Elektro UBH Bahas Kerjasama KKN Tematik Dengan Dua Nagari di Batusangkar
Teknik Elektro UBH Bahas Kerjasama KKN Tematik Dengan Dua Nagari di Batusangkar (Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF - Program Studi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta bahas kerjasama KKN Tematik dengan Nagari Tabek dan Nagari Tabek Patah, Batusangkar, Jumat 20 Agustus 2021.

Pembahasan ini dilakukan di Kantor Wali Nagari Tabek dan Kantor Wali Nagari Tabek Patah oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Hidayat, ST. MT bersama Mirza zoni, ST.MT, dan Ir. Cahayahati dosen Teknik Elektro, Tomi Eriawan, ST. MT dosen Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Zulfadli, S. Kom., M. Sc. Dosen Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan.

baca juga: MAN 2 Solsel Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Siswa Melalui Ekskul

KKN Tematik merupakan proses interaktif dan sinergis antara mahasiswa dengan masyarakat, dirancang sesuai dengan persoalan nyata di masyarakat dan dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber daya yang ada di lapangan sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini lebih kongkrit dengan adanya poin-poin kesepakatan yang disetujui oleh universitas dan mitra, kesepakatan ini meliputi tugas-tugas detail yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa.

Warek III UBH Dr. Hidayat mengatakan beberapa poin yang menjadi pembahasan diantaranya perancangan sebuah peta dasar Nagari, instalasi listrik, lampu hias, hingga publikasi dalam bentuk digital marketing. Hal ini dikatakannya dalam upaya mengenalkan ke masyarakat luas tentang Balerong Sari dan cagar budaya yang ada di Nagari Tabek.

baca juga: Percepatan Vaksinasi, Polres Solsel Sasar Pelajar dan Warga Sekitar Sekolah

"Untuk di Nagari Tabek Patah, pembahasan fokus pada pengembangan potensi wisata Batu Badindiang yang ada di nagari tersebut, yaitu sebuah lokasi potensi wisata baru dengan panorama keindahan alam dan tebing yang terbuat dari batu alam. Batu Badindiang ini kedepan juga akan dibuatkan masterplan pengembangan oleh tim dari Universitas Bung Hatta lengkap dengan fasilitas pendukung," katanya.

Ia menambahkan bahwa KKN Tematik ini adalah salah satu jalan bagi Universitas bersama-bersama untuk membangun Nagari sesuai kapasitas. KKN Tematik ini juga menjadikan kolaborasi dan sinergi antara Perguruan Tinggi dengan Nagari lebih memberikan dampak pada kedua belah pihak.

baca juga: Pelajar Perikanan di Pariaman Vaksinasi Gelombang ke 5, Ini Harapan Kepala Sekolah

"Bagi Mahasiswa ini akan menjadi lahan implementasi atas ilmu yang didapatkan, sementara bagi Nagari ini menjadi peluang tambahan untuk mewujudkan cita-cita masyarakat, semoga kerjasama ini memberi dampak baik terutama untuk kemajuan Nagari mitra," ujar Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta .

Sementara itu, Wali Nagari Tabek Patah mengucapkan rasa terimakasih pada Universitas Bung Hatta yang telah ikut membantu mengembangkan potensi Nagari melalui program KKN Tematik. Sebab dikatakannya pihak Nagari sangat membutuhkan kerjasama tersebut dan mudah-mudahan sinergi ini mampu memberikan lompatan kebaikan untuk kedua belah pihak.

baca juga: ITP Beri Pelatihan PKM kepada Mahasiswa untuk Asah Kreatifitas dan Keterampilan Mahasiswa

Kemudian Sekretaris Nagari Tabek menyampaikan bahwa di Nagari Tabek tengah kekurangan SDM. Ia berharap pihak UBH dapat membantu persoalan yang tengah dihadapi oleh Nagari Tabek.

"Kami kekurangan SDM untuk memberikan masukan-masukan seperti apa yang tim dari Universitas Bung Hatta sampaikan. Kami berharap nanti kami betul-betul dibantu dengan keahlian dari tim yang ada sesuai kerja yang telah disepakati" kata Eko Saputra, Sekretaris Nagari Tabek.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri