Update 23 Agustus: 610 Kasus Aktif di Agam, Pasien di RSUD Terus Berkurang

Kasus harian Covid-19 Agam
Kasus harian Covid-19 Agam (Satgas Covid-19 Agam)

AGAM , KLIKPOSITIF - Total kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Agam mencapai 7.288 kasus. Jumlah itu bertambah sebanyak 13 kasus dibading hari sebelumnya.

Total pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 sebanyak 6.491 orang, atau bertambah sebanyak 1 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia akibat Covid-19 nihil, total 187 orang.

Informasi itu diketahui berdasarkan update data Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam per Senin (23/8).

baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Jauh Lebih Baik Dibandingkan Negara-negara Lain

"Hari ini, penambahan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 13 orang yang tersebar di tiga kecatan ," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam , dr. Hendri Rusdian.

Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 paling banyak hari ini berasal dari Palembayan, sebanyak 5 kasus. Baso dan Matur masing-masing menambah 4 kasus terkonfirmasi.

baca juga: Jumlah Kasus Positif Terus Melandai, PPKM Luar Jawa-Bali Tetap Dilanjutkan Selama Tiga Minggu

Sementara itu, satu warga Kabupaten Agam yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 berasal dari Matur.

"Dari 7.288 warga yang positif Covid-19 sejauh ini, 6.491 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh," sebutnya.

baca juga: Presiden Minta Percepatan Program Vaksinasi, Ini 3 Daerah dengan Capaian Terendah

Dengan angka kesembuhan itu imbuhnya, jumlah kasus aktif Covid-19 tercatat sebanyak 610 kasus. Pihaknya juga tengah memantau sebanyak 136 kasus suspek, 158 kasus kontak erat.

"Kita berharap kasus aktif Covid-19 lekas menurun, dan masyarakat agar mengikuti segala anjuran pemerintah dalam menekan laju penularan virus, sehingga wabah ini bisa dikendalikan," ujarnya.

baca juga: Hari Ini, Seorang Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di Tanah Datar

Sementara itu, Sejak awal Agustus 2021, pasien Covid-19 mulai berkurang di RSUD Lubuk Basung. Direktur RSUD Lubuk Basung, Syahrizal Antoni, Senin (23/8) mengatakan, biasanya RSUD Lubuk Basung merawat pasien 40-60 orang. Tapi hari ini hanya 12 orang.

"Pengurangan pasien Covid-19 ini hampir terjadi setiap harinya," ujarnya.

Dikatakannya, berkurangnya pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Lubuk Basung, setelah mereka banyak yang sembuh atau dinyatakan negatif, sehingga sudah bisa diperbolehkan pulang.

Selain banyak sembuh, katanya, pasien yang masuk ke RSUD Lubuk Basung juga mulai berkurang. Namun, pihaknya tetap menyiapkan 70 unit tempat tidur, dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien Covid-19.

"Meski banyak yang sembuh, tapi kita juga harus antisipasi untuk ketersediaan tempat tidur jika nanti terjadi lonjakan kasus Covid-19," sebutnya.

Selain tempat tidur, persediaan oksigen di RSUD milik Pemkab Agam ini juga mencukupi. Dalam hal ini, RSUD bekerjasama dengan pihak penyedia untuk menyetok oksigen.

"Meski demikian, kita imbau seluruh elemen masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan agar dapat mengantisipasi penularan Covid-19," tutupnya.

Editor: Rezka Delpiera