PLN Sumbar Sambut Mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)

PLN Sumbar Sambut Mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)
PLN Sumbar Sambut Mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar bersama dengan Unit Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (UPDL) Padang menerima para mahasiswa dari Politeknik Negeri Padang (PNP) dalam program Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ( PMMB ) di Aula Kantor Induk PLN UIW Sumbar pada Kamis (26/08). Sebanyak 25 mahasiswa disambut oleh General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo, Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum (KKU) Cipto Adi Sumartono, Manager UPDL Padang Muhammad Syafrudin, serta Manager Pengembangan Talenta UIW Sumbar Harma Yulia.

GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo berujar program PMMB merupakan tindak lanjut dari program PLN Pusat sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap sektor pendidikan.

baca juga: Konsisten Tingkatkan Kepuasan Pelanggan, Contact Center PLN 123 Borong 51 Medali TBCCI 2021

"Saya menyambut hangat mahasiswa magang yang semangat menimba ilmu di PLN . Mereka nantinya akan belajar mengenai proses bisnis mulai dari transmisi, distribusi, transaksi energi, pelayanan pelanggan, dll. Mahasiswa akan dibimbing oleh pegawai yang juga bertindak sebagai mentor. Program PMMB yang didukung oleh Kementrian BUMN ini sangat bermanfaat bagi generasi milenial untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kompetensi mereka khususnya dalam sektor ketenagalistrikan," ujar Toni. Ia juga mengingatkan para mahasiswa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan untuk melindungi diri dan menjaga keselamatan selama kegiatan berlangsung.

Para mahasiswa PMMB berasal dari strata diploma 3 (D3) dan akan magang di unit-unit PLN tersebar di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang selama 6 bulan.

baca juga: 76 Tahun Hari Listrik Nasional, PLN Tebar Puluhan Miliar Beasiswa dan Santunan untuk Solidaritas Sosial

Manager UPDL Padang Muhammad Syafrudin menyampaikan bahwa ini merupakan program PMMB pertama untuk wilayah Sumbar dan langsung mendapatkan respon positif dari perguruan tinggi dan para mahasiswa. Terbukti dari banyaknya pendaftar PMMB yang mengikuti seleksi penerimaan.

"Mahasiswa tersebut memiliki harapan besar terhadap pengalaman yang akan mereka dapatkan selama magang di PLN . Semoga dengan kegiatan ini anak-anak jadi lebih produktif dan siap memasuki dunia kerja, terutama dalam sektor energi dan ketenagalistrikan," ungkap Syafrudin.

baca juga: Manajemen UIW Sumbar Kunjungi PLTM Salido Kecil

Muhammad Ghian, peserta magang mengungkapkan rasa syukur dapat bergabung dalam program ini.

"Kegiatan magang ini akan menjadi pengalaman dunia kerja yang luar biasa bagi saya. Inshallah kami akan menunjukkan performa dan perilaku terbaik di PLN ," ungkapnya.

baca juga: Promo Super Dahsyat Disambut Antusias, Hampir 112 Ribu Pelanggan PLN Nikmati Tambah Daya Hanya Rp 202.100

Program PMMB ini menjadi kesempatan para mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi, sekaligus belajar tentang kedisiplinan,budaya kerja sekaligus etika perusahaan. Dengan demikian setelah program magang berakhir mereka akan mendapatkan ijazah dan sertifikat kompetensi yang akan berguna bagi karir mereka di masa depan.

Editor: Fitria Marlina