Tegas, Menteri Agama : Semua Penghina Simbol Agama Harus Diproses Hukum

Menag Yaqut Cholil Qoumas
Menag Yaqut Cholil Qoumas (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendorong kepolisian untuk memproses hukum semua pihak yang diduga menyampaikan ujaran kebencian dan melakukan penghinaan terhadap simbol agama.

"Semua warga sama di mata hukum sehingga harus mendapatkan perlakuan yang adil, termasuk terkait dugaan ujaran kebencian dan penghinaan simbol agama," tegas Menag di Jakarta, Kamis (26/8/2021).

baca juga: Kementerian Agama Salurkan Bantuan 3,6 Juta Paket Data Internet

Menag mendukung penuh sikap tegas Polri dalam menegakkan keadilan. "Jadi siapapun pelakunya dan dari agama manapun, semua penghina simbol agama harus diproses hukum. Kalau dia diduga menyampaikan ujaran kebencian dan penghinaan terhadap simbol agama, harus diproses hukum," jelasnya.

Menag mengajak umat beragama untuk menyerahkan proses hukum kasus ujaran kebencian dan penghinaan simbol agama kepada penegak hukum. Menag berharap tokoh agama juga terus memberikan pencerahan dan edukasi tentang pentingnya menghargai perbedaan.

baca juga: Tempat Ibadah Jemaat Ahmadiyah Dirusak, Ini Respons Menteri Agama

"Tugas tokoh agama untuk terus meningkatkan pemahaman keagamaan publik terhadap keyakinan dan ajaran agamanya masing-masing, tanpa harus saling menghinakan keyakinan dan ajaran agama lainnya," pesannya.

Sebelumnya, seorang youtuber ditangkap polisi di kawasan Bali, karena diduga melakukan penistaan agama. Dalam ceramah agama yang diunggahnya di Youtube, youtuber itu diduga melakukan penghinaan terhadap Agama Islam.

baca juga: Muhammad Kece Resmi Ditahan Polisi Selama 20 Hari

Editor: Haswandi