13 Negara Ini Nyatakan Siap Tampung Pengungsi Afganistan

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Ada 13 negara yang telah menyatakan siap menampung pengungsi Afghanistan, setelah negara itu jatuh dalam kekuasaan Taliban . Adapun kuota yang disediakan negara-negara tersebut untuk pengungsi Afghanistan mencapai 91.000 orang.

Sebagian besar negara yang bersedia menerima pengungsi Afghanistan adalah Amerika Serikat (AS) bersama negara-negara sekutunya, terutama dari kelompok G7.

baca juga: Potong Berlian Hitam Langka Terbesar di Dunia dengan Berat 555,55 Karat Dipajang di Dubai

The Independent melaporkan, saat ini, sudah ada 2,6 juta pengungsi Afghanistan yang ditampung di berbagai negara di dunia. Angka tersebut diperkirakan meningkat seiring eksodus warga Afghanistan setelah Taliban mengambil kendali kekuasaan di negara itu, pada 15 Agustus 2021. Apalagi Taliban telah mengumumkan tidak akan mengizinkan warga Afghanistan meninggalkan negara itu setelah 31 Agustus 2021.

AS telah mengadakan pertemuan khusus dengan negara-negara kelompok G7, yakni Inggris, Kanada, Jerman, Prancis, Italia, dan Jepang, untuk membahas dukungan bagi pengungsi Afghanistan.

baca juga: Citizen Scientist Temukan Planet Baru Seperti Jupiter

Negara-negara tersebut telah berlomba untuk menyelesaikan evakuasi warga Afghanistan, sebelum batas waktu 31 Agustus yang ditetapkan kelompok Taliban .

Berikut daftar 13 negara yang telah menyatakan kesediaan menampung pengungsi Afghanistan:

baca juga: Amerika Catatkan Rekor Kasus Covid-19 dengan 1,13 Juta Kasus Harian

1. Amerika Serikat

Pemerintah AS telah mengumumkan siap menerima 50.000 pengungsi Afghanistan yang ingin meninggalkan negara itu, setelah dikuasai Taliban . Kuota tersebut terutama ditujukan bagi warga Afghanistan yang membantu upaya AS dalam perang di Afghanistan, seperti penerjemah untuk tentara AS.

baca juga: Varian Deltacron Ditemukan di Siprus, Kombinasi dari Delta dan Omicron

Gedung Putih menyatakan sebanyak 50.000 warga Afghanistan bisa tiba di negara itu dengan visa imigrasi khusus "pembebasan bersyarat kemanusiaan". Bagi yang tidak memenuhi syarat dapat mencari untuk bermukim kembali di AS dengan cara lain.

Pemerintah AS bahkan telah mengumumkan secara pasti berapa banyak pengungsi Afghanistan yang akan diterima AS pada 2022, yakni sebanyak 125.000 orang.

2. Inggris

Pemerintah Inggris telah mengumumkan rencana untuk menyambut 5.000 pengungsi Afghanistan tahun ini dan memukimkan kembali total 20.000 orang Afghanistan di tahun-tahun mendatang.

Kuota tersebut, terutama ditujukan bagi pengungsi Afghanistan perempuan dan anak-anak perempuan, serta pemeluk agama minoritas di Afghanistan, karena paling rentan menjadi korban dari kelompok Taliban .

3. Kanada

Kanada telah mengatakan bahwa mereka akan menerima 20.000 pengungsi dari Afghanistan, dengan fokus pada mereka yang berada dalam bahaya dari Taliban , termasuk pegawai pemerintah dan pemimpin perempuan.

Menteri Imigrasi Kanada, Marco Mendicino, bahkan menyatakan pemerintah Kanada akan mempertimbangkan untuk menerima pengungsi tambahan atas nama AS atau sekutu lainny.

4. Meksiko

Meksiko telah menyatakan kesediaan menerima pengungsi Afghanistan, yang terutama ditujukan bagi kelompok pekerja media. Pada Rabu (25/8/2021), Meksiko menerima kedatangan 124 pekerja media Afghanistan dan keluarga mereka. Sebelumnya pada Selasa (24/8/2021), Meksiko telah menerima kedatangan 5 pengungsi perempuan dan 1 pria.

5. Pakistan

Sebagian besar pengungsi Afghanistan menyeberangi perbatasan ke negara tetangga Pakistan. Namun Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, telah mengumumkan negara itu sedang mempertimbangkan untuk menutup perbatasan jika Afghanista jatuh ke kelompok militan Taliban .

6. Tajikistan

Pemerintah Tajikistan mengatakan sedang bersiap untuk menerima hingga 100.000 pengungsi dari negara tetangganya, Afghanistan.

7. Uganda

Uganda mengatakan telah menyetujui permintaan dari AS untuk menerima semenetara sekitar 2.000 pengungsi dari Afghanistan. Negara Afrika saat ini, telah menampung sekitar 1,4 juta pengungsi .

8. Turki

Pemerintah Turki menyatakan telah menampung 182.000 migran Afghanistan yang terdaftar. Selain itu, ada 120.000 pengungsi Afghanistan yang titak terbatas.

9. Iran

Penerintah Iran mengumumkan negaranya sudah menampung 780.000 pengungsi Afghanistan, menurut badan pengungsi PBB. Tenda darurat untuk pengungsi didirikan di tiga provinsi Iran yang berbatasan dengan Afghanistan.

Hossein Ghassemi, kepala urusan perbatasan kementerian dalam negeri Afghanistan, mengatakan bahwa setiap warga Afghanistan yang telah menyeberang ke Iran akan dipulangkan begitu kondisinya membaik.

10. Australia

Australia telah berjanji untuk menerima 3.000 pengungsi Afghanistan dalam alokasi tahunan yang ada dari program visa kemanusiaannya. Perdana Menteri Scott Morrison telah mengindikasikan jumlahnya dapat ditingkatkan.

Sementara itu, negara tersebut juga telah memulai kampanye untuk mencegah pengungsi Afghanistan untuk mencoba mencapai Australia dengan perahu.

"Kebijakan perlindungan perbatasan Australia yang kuat tidak akan berubah," Karen Andrews, menteri dalam negeri Australia, mengatakan dalam sebuah video yang diposting di YouTube, Senin.

11. Albania

Pemerintah Albania menyatakan akan menampung pengungsi Afghanistan sesuai permintaan AS, dengan kuota sekitar 300 orang.

12. Makedonia Utara

Otoritas Makedonia Utara telah menyatakan akan menampung pengungsi Afghanistan sesuai permintaan AS, dengan kuota sekitar 450 orang.

13. Kosovo

Pemerintah osovo juga telah setuju untuk menampung sementara pengungsi yang menuju AS, tetapi jumlahnya belum ditentukan.

Editor: Eko Fajri