Tes Digelar September, Peserta CPNS Wajib Bawa Hasil Swab PCR atau Antigen

pengambilan sampel swab
pengambilan sampel swab (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) 2021 diwajibkan melakukan tes PCR Swab atau swab anti gen sebelum mengikuti ujian.

"Untuk PCR swab dan swab antigen ini kan merupakan aturan baru dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam seleksi tahun ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi ASN , Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang , Romy Elpa Segas, Jumat 27 Agustus 2021.

baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Jauh Lebih Baik Dibandingkan Negara-negara Lain

Ia mengatakan, untuk persyaratan tersebut memang harus dipenuhi. Jika tidak, menurutnya peserta tidak bisa mengikuti seleksi. "Dalam aturan BKN itu kan wajib, jadi kalau tidak melakukan tes PCR atau anti gen terlebih dahulu tidak bisa mengikuti ujian," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk tes Swab tidak boleh membawa hasil yang lama. Karena dalam aturan tersebut dituliskan untuk PCR swab waktunya dua hari dan untuk anti gen satu hari. Sementara untuk yang dinyatakan positif Covid-19, pihaknya akan menyediakan waktu dan tempat yang berbeda nantinya.

baca juga: Kasus Covid-19 Mulai Turun, Pemerintah Waspada Hadapi Natal dan Tahun Baru

"Kalau untuk yang positif Covid-19, kami akan sediakan tempat dan waktu yang berbeda dengan yang melakukan tes SKD bulan depan," lanjutnya.

Diketahui, jadwal SKD CPNS Kota Padang akan dilaksanakan pada 15 September 2021 mendatang sesuai dengan jadwal yang diberikan BKN. "Untuk jadwal ini masih belum pasti dan berkemungkinan masih ada perubahan jika ada satu dan lain hal nantinya," tutupnya.

baca juga: Realisasi PEN Sudah Capai Rp428,21 Triliun, Terbesar Untuk Perlindungan Sosial

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani