Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong di Lima Puluh Kota

Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong di Lima Puluh Kota
Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong di Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, desa wisata kreatif Seribu Rumah Gonjong (Sarugo) Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu 29 Agustus 2021 kemarin.

Kunjungan itu merupakan rangkaian penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang telah berlangsung sejak awal Juli 2021 lalu.

baca juga: Supardi Ajak Lulusan SMK Buka Lapangan Kerja Bidang Pertanian

Sandiaga Uno mengatakan bahwa tercatat, ada 1.831 desa wisata yang ikut serta di dalamnya. Kemudian desa wisata Saribu Rumah Gonjong (Sarugo) memiliki potensi luar biasa sebagai desa wisata unggulan di Indonesia.

"Perlu dilakukan perbaikan infrastruktur jaringan internet dan telepon di Sarugo. Platform digital perlu menjadi perhatian bagi setiap desa wisata yang ada di Indonesia karena hal ini akan memberikan dampak kepada desa wisata ketika sudah memiliki infrastruktur baik," katanya.

baca juga: Sandiaga Uno Unggah Video Saat Silaturahmi ke Kantor Prabowo, Kiky Saputri Malah Minta Ini

Ia menjelaskan dirinya akan ikut ambil peran dalam hal tersebut, khususnya untuk desa wisata Saribu Rumah Gonjong. Adaptasi, inovasi dan kolaborasi wajib hadir disetiap desa wisata kreatif berkelanjutan sehingga ke depannya lapangan kerja pun terbuka bagi anak nagari.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengatakan kolaborasi pemerintah daerah dengan pusat sesuai arahan Menparekraf untuk sektor pariwisata akan segera di tindaklanjuti. Infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang di desa wisata juga menjadi perhatian dan upaya Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota untuk merealisasikannya.

baca juga: MSI dan BPNB Selenggarakan Seminar PDRI di Limapuluh Kota

"Kami akan berkolaborasi membangun Kabupaten Lima Puluh Kota untuk sektor apapun dengan pemerintah pusat, termasuk sektor pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi. Kami juga akan mengupayakan untuk merealisasikan ini terutama Dalam bekerjasama dengan masyarakat karena Lima Puluh Kota milik bersama, baik yang ada di ranah (kampung) maupun yang ada di rantau," ujar Safaruddin Datuak Bandaro Rajo.

Sebagai kepala daerah, ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kemenparekraf RI untuk pengembangan desa wisata Saribu Rumah Gonjong. Selain itu ucapan yang sama juga disampaikannya setelah menerima penghargaan langsung dari Menparekraf sebagai kabupaten terbanyak yang mendaftarkan desa wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

baca juga: Ketum ADKI Ucapkan Terima Kasih Atas Diluncurkannya Kepmen Menparekraf RI Oleh Sandiaga Uno

"Terimaksih kami sampaikan atas nama pemerintah daerah, bangga dan bersyukur ketika ditetapkan Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong menjadi 50 besar terbaik di Indonesia. Kami berharap kerja keras bersama untuk menjadika Saribu Rumah Gonjong menjadi destinasi wisata Budaya dan Agro berkelas dan memiliki daya saing tinggi bisa tercapai," kata Bupati Lima Puluh Kota.

Secara terpisah, Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Kabupaten Limapuluh Kota Rino Chandra mengatakan sesuai arahan DPP ADKI dirinya siap untuk berperan penting menyukseskan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di daerah. ADKI Kabupaten Lima Puluh Kota kedepan akan terus melakukan program-program positif berkesinambungan di desa wisata yang telah mendaftar di Jadesta.com.

"Selain pendampingan dan pelatihan bagi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong yang telah meraih 50 besar ADWI 2021, ADKI Kabupaten Limapuluh Kota akan lebih berfokus kepada pengembangan sumber daya manusia untuk desa wisata itu kedepan. Ke depan terhadap desa wisata tersebut akan kita realisasikan beberapa program kerja yang sedang dirancang ADKI untuk menjadikan desa wisata tersebut berdampak ekonomi secara baik kepada masyarakat," ujarnya didampingi Sekretaris Arfridel Ilham.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera