Tahun Ajaran Baru, BPS: Biaya Pendidikan Sumbang Inflasi pada Agustus 2021

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Badan Pusat Statistik ( BPS ) melaporkan inflasi pada Agustus 2021 sebesar 0,03%. Selain kenaikan harga bahan makanan, inflasi juga disumbang oleh biaya pendidikan yang meningkat akibat tahun ajaran baru.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan beberapa komoditas yang mendorong peningkatan harga pada bulan Agustus 2021, antara lain komoditas di kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau serta kelompok Pendidikan .

baca juga: Umrah Untuk WNI Kembali Dibuka, Ini Langkah Satgas Covid-19

"Di bulan Agustus 2021 ini juga merupakan tahun ajaran baru, sehingga uang sekolah SD, SMP, SMA, maupun uang kuliah perguruan tinggi mengalami peningkatan dengan andil masing-masing 0,02%," kata Setianto dalam video virtual, Rabu (1/9/2021).

Sementara dari kelompok Makanan, beberapa komoditas yang mendorong inflasi antara lain minyak goreng dengan andil 0,02%, kemudian tomat, ikan segar, pepaya, rokok kretek memberi andil 0,01%.

baca juga: Industri Sawit Punya Nilai Ekonomi Ratusan Triliun, Ini Langkah Pemerintah

Namun, ada beberapa komoditas makanan yang mengalami penurunan harga (deflasi) sehingga menghambat laju inflasi , seperti cabai rawit yang memberi andil deflasi 0,05%.

"Ada beberapa komoditas lain juga yang mengalami deflasi, seperti daging ayam ras, cabai merah, bayam, buncis, kacang panjang, kangkung, serta tarif angkutan udara," katanya.

baca juga: Akselerasi Pemberian Vaksinasi Covid-19 Perlu Peran Aktif Seluruh Elemen, Wapres: Jika Perlu Jemput Bola

Editor: Eko Fajri