Persiapan Operasi Lilin 2016, Polresta Padang Siapkan Ratusan Personel

ilustrasi
ilustrasi (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dalam rangka pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Polresta Padang akan mengkondisikan separoh kekuatan personelnya. Pengamanan yang bertajuk ' Operasi Lilin ' ini memang rutin digelar setiap tahunnya oleh jajaran Polres se-Sumbar.

"Untuk pengamanan operasi lilin mendatang, kami menyiapkan personel sebanyak 600 orang," ujar Kabag Ops Polresta Padang , Kompol Sumintak, Kamis 15 Desember 2016.

baca juga: Pengamanan Paskah, Polresta Padang Sebar Personel Intel

Disebutnya, pengamanan itu akan dilakukan sejak tanggal 23 Desember 2016 mendatang. Dalam pelaksanaan, pihaknya akan menurunkan personel pada setiap gereja yang ada di kota setempat saat perayaan Natal.

"Penurunan personel biasanya disesuaikan, tergantung apakan gereja itu besar atau kecil," lanjutnya.

baca juga: Bulan Depan Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan di Padang, Ini Sasarannya

Biasanya, kata Sumintak, setiap gereja akan dikawal oleh 20 orang personel yang terbagi dalam tiga lapis pengamanan. "Meskipun kota ini termasuk aman, namun kita tetap melakukan pengamanan dan pengawasan terhadap kelancaran kegiatan keagamaan tersebut," sambungnya.

Selain itu, pada perayaan tahun baru sendiri pihaknya melakukan pengamanan secara khusus mulai dari rekayasa lalu lintas hingga pengamanan pada titik kumpul warga kota. "Kita tentu akan rapatkan hal tersebut dengan pemerintah kota," ucapnya.

baca juga: Wako Mahyeldi Kunjungi Mapolresta Padang, Ini yang Dibahas Bersama Kapolres

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan, fokus pengamanan pihak kepolisian adalah menyukseskan kegiatan keagamaan dan Tahun baru. Nanti, pihaknya akan membuat beberapa pos pengamanan pada beberaapa titik dalam rangka pengamanan Operasi Lilin 2016.

“Dalam hal ini tentu kita tidak bisa melakukan sendirian, kita akan jalin kerjasama dengan TNI, Pemerintah Kota Padang dan organisasi masyarakat dalam menjalankan operasi kali ini,” ujarnya.

baca juga: Perkara Tanah, Oknum Polisi dan TNI AU Aniaya Saudara Sendiri

[Halbert Chaniago]

Penulis: Agusmanto