BPJamsostek Bukittinggi Berbagi Masker dan Multivitamin

Bpjamsostek Bukittinggi berbagi masker dan multivitamin.
Bpjamsostek Bukittinggi berbagi masker dan multivitamin. (IST)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja, BPJamsostek Cabang Bukittinggi kembali menggelar kegiatan promotif dan preventif. Sebanyak 17.000 masker, 2.000 multivitamin, alat pelindung diri (APD), dan sejumlah poster dibagikan, Senin (6/9).

"Penyaluran bantuan ini diharapkan dapat mencegah kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja. Penyalurannya diperuntukkan bagi perusahaan pemberi kerja yang memenuhi persayaratan, dan telah diverifikasi oleh Kantor Pusat BPJamsostek," ujar Kepala BPJamsostek Bukittinggi, Ocky Olivia di Bukittinggi, Senin.

baca juga: Pakansi Pandemi di Bukittinggi

Ocky merinci, pihaknya menyalurkan 8 poster krilik K3 untuk 8 perusahaan pemberi kerja, 2.000 tablet multivitamin untuk 9 perusahaan pemberi kerja, lalu 17.000 masker untuk 12 perusahaan pemberi kerja.

"Kami juga memberikan bantuan sebanyak 25 Set APD penanganan Covid-19 untuk RS Ibnu Sina Yarsi Simpang Empat. Juga diberikan Pelatihan Ahli K3 Umum untuk 2 peserta dari dua perusahaan," tambahnya.

baca juga: Mau Coba Ragam Keunggulan PLN Mobile? Yuk Kunjungi Booth PLN

Perusahaan yang mendapatkan bantuan promotif preventif ini, sambung Ocky, adalah perusahaan yang memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya tertib administrasi kepesertaan dan tidak menunggak iuran, telah menjadi peserta BPJamsostek paling singkat 3 tahun, serta tidak termasuk dalam kategori pemberi kerja daftar sebagian (PDS) Tenaga Kerja.

"Perusahaan pemberi kerja ini juga harus melaporkan upah minimal sesuai dengan upah minimum Kabupaten/Kota, dan belum pernah mengajukan bantuan kegiatan promotif preventif setahun sebelumnya," jelas dia.

baca juga: Wawako Solok Ajak Kaum Perempuan Lebih Melek Teknologi

Kegiatan penyaluran bantuan ini dilaksanakan secara bertahap sejak Agustus hingga September 2021. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan dilaksanakan di Kantor BPJamsostek Cabang Bukittinggi dan beberapa kantor perusahaan pemberi kerja.(*)

Editor: Taufik Hidayat