DPRD Kota Solok Desak Pemko Segerakan Bansos Lansia dan Disabilitas

Anggota DPRD Kota Solok, Deni Nofri Pudung
Anggota DPRD Kota Solok, Deni Nofri Pudung (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Penyaluran bantuan sosial bagi lansia dan kaum disabilitas di Kota Solok mendapat sorotan DPRD. Pasalnya, paket sembako belum kunjung disalurkan sejak beberapa bulan terakhir.

Menurut Anggota DPRD Kota Solok , Deni Nofri Pudung, semestinya bansos bagi lansia dan disabilitas menjadi prioritas bagi pemerintah Kota Solok , apalagi saat ini masih pandemi Covid-19.

baca juga: Kota Solok terima BKN Award 2021

"Kita minta ini jadi perhatian bagi pemerintah Kota Solok , jangan sampai lansia dan disabilitas terabaikan dan ini sudah dianggarkan melalui APBD, tolong disegerakan," paparnya.

Dikatakannya, lansia dan disabilitas harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah, terutama soal bantuan sosial. Jangan sampai mereka merasa terabaikan.

baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Solok Meningkat, Pemko Optimis Capai Herd Immunity

"Intinya sebagai fungsi pengawasan, kami di DPRD meminta pemerintah daerah agar memberikan perhatian serius terkait hal ini, apalagi ekonomi sedang sulit akibat pandemi," tegasnya.

Terpisah, kepala dinas sosial Kota Solok , Zulfadli mengakui memang saat ini terjadi keterlambatan dalam penyaluran bansos bagi lansia dan disabilitas.

baca juga: Gasak Alat Bengkel, Pemuda Ini Diciduk Tim Polsek Solok Kota

Hal itu lantaran adanya perubahan terhadap pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK). Menurutnya, setelah perubahan itu rampung akan segera dilakukan penyaluran bantuan.

Setidaknya, kata Zulfadli, ada 100 orang lansia dan 15 orang penyandang disabilitas yang masuk dalam penerima bantuan sosial. Bantuan yang diberikan berupa beras dan gula pasir.

baca juga: Tingkatkan Prokes dan Kamtibmas, Polres Solok Kota Libatkan Komunitas Ojek

"Setiap penerima diberikan beras 10 Kilogram dan 1 kilogram gula setiap bulannya dan diserahkan per dua bulan dalam sekali penyaluran," terang Zulfadli.

Pihaknya optimis, penyaluran bansos akan tuntas tersalurkan hingga Desember 2021 mendatang.

Editor: Syafriadi