Kepala Puskesmas Lubuk Gadang : Vaksin Kedua Boleh Dimana Saja Karena Datanya Online

Kepala Puskesmas Lubuk Gadang Rina Nasriyeni
Kepala Puskesmas Lubuk Gadang Rina Nasriyeni (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Kepala Puskesmas Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Solok Selatan Rina Nasriyeni mengatakan seseorang yang sudah mendapatkan vaksin pertama dan untuk mendapatkan vaksinasi kedua tidak harus di tempat yang sama.

"Yang sudah mendapatkan vaksin pertama, kalau sudah cukup waktunya segeralah lakukan vaksinasi kedua ke tempat pelaksanaan vaksinasi, bisa dimana saja termasuk di luar daerah, kan datanya online," kata Rina.

baca juga: Diduga Diserang Harimau, Seekor Anak Sapi Ditemukan Mati di Solok Selatan

Sekaitan 965 orang siswa SMAN 3 Solok Selatan ( Solsel ) yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, pihaknya memang tidak mengagendakan lagi pelaksanaan vaksinasi ke sekolah tersebut karena beberapa alasan.

"Sekarang sekolah tersebut memberlakukan sistem tatap muka ganjil genap, kalaupun didatangi ke sekolah tersebut tidak semua siswa hadir", katanya

baca juga: Andre Rosiade Bantu Pengobatan Bocah Penderita Tumor Perut asal Solsel

Kemudian imbuhnya, lokasi sekolah cukup dekat dengan puskesmas para siswa yang tidak sekolah bisa datang ke puskesmas untuk mendapatkan vaksin dosis kedua sehingga tidak menggangu aktivitas belajarnya.

Selanjutnya, kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan pada hari Minggu di RTH Padang Aro para siswa atau siapa saja yang ingin mendapatkan vaksin dosis pertama atau kedua bisa datang dan dilayani oleh petugas vaksinasi.

baca juga: Tingkatkan Kualitas Pemilu, Bawaslu Solsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Sesuai instruksi Bupati katanya, tentang percepatan vaksinasi, sehingga pihaknya turun ke lapangan melakukan vaksinasi dosis pertama baik ke tingkat jorong atau sekolah yang belum melakukan vaksinasi.

"Cukup sibuk, kemaren di SMAN 6 Solsel 3 hari tuntas 665 dosis untuk siswa dan guru, besok jadwal SMP 3 Solsel 390 orang, secara umum kami bangga dengan kesadaran masyarakat untuk divaksin, sayangnya kadang vaksin terputus," katanya.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

Sementara itu, Kasi Surveylance Dinas Kesehatan Solsel Mega verta Christina mengatakan capaian vaksinasi untuk Kecamatan Sangir yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Lubuk Gadang cukup bagus.

"Kalau secara peringkat kecamatan capaian Puskesmas Lubuk Gadang cukup bagus, dari 40.051 sasaran telah terealisasi sebanyak 17,8 persen dosis pertama dan 7,8 persen dosis kedua", katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi