Kembali Bertambah, 19 Warga Payakumbuh Positif COVID-19

dr. Bakhrizal, Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh
dr. Bakhrizal, Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF --

Sebanyak 19 warga Payakumbuh dilaporkan positif COVID-19 dan 25 orang bebas isolasi pada Kamis 26 Agustus 2021. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal saat dihubungi KLIKPOSITIF via telepon.

Ia mengatakan hingga hari ini tercatat sebanyak 135 orang menjalani isolasi mandiri dan 21 orang dirawat di rumah sakit karena COVID-19. Menurutnya penambahan ini terjadi setelah dilakukan tracing oleh Dinkes Payakumbuh kepada warga yang memiliki riwayat kontak dengan warga yang positif COVID-19.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

"Penambahan kasus hari ini merupakan tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, dan hasil swabnya baru keluar tadi," katanya.

Ia juga terus mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh yang melakukan aktifitas di luar Kota Payakumbuh apalagi dizona merah agar selalu berhati-hati dan selalu melindungi diri demi orang yang disayang. Kemudian ia mengingatkan agar jangan sampai menjadi sumber penyakit bagi sanak keluarga.

baca juga: Aturan Baru PCR Sebagai Syarat Semua Penerbangan, Puan Maharani: Pemerintah Harus Jelaskan Agar Masyarakat Tidak Bingung

"Apalagi saat ini rumah sakit sudah hampir tidak mampu lagi menampung pasien karena tingginya kasus," ujarnya.

Selain itu dr. Bek juga menginformasikan untuk zona merah tinggal satu kelurahan lagi yaitu Kelurahan Limbukan dan zona hijau hanya lima kelurahan sisanya masih zona kuning dan oranye. Ia berharap ke depannya tidak ada lagi kelurahan yang zona merah, dan kasus aktif kembali turun.

baca juga: Telkomsel dan Rumah Zakat Salurkan Bantuan APD hingga Sembako kepada Tenaga Kesehatan

"Kami tidak pernah bosan mengimbau dan mengingatkan masyaralat agar tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga 6 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan melaksanakan vaksinasi). Covid-19 belum berakhir, hari ini bertambah lagi yang terkonfirmasi positif, tetap waspada, dan terus terapkan protokol kesehatan," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah