Program Bedah Rumah Andre Rosiade Didukung Anggota DPRD Padang

Anggota DPRD Padang Boby Rustam didampingi Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida melakukan pengecekan rumah yang akan dibedah melalui program usulan Anggota DPR RI Andre Rosiade.
Anggota DPRD Padang Boby Rustam didampingi Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida melakukan pengecekan rumah yang akan dibedah melalui program usulan Anggota DPR RI Andre Rosiade. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Anggota DPRD Padang dari Fraksi Partai Gerindra Boby Rustam turut menyukseskan program bedah rumah yang diprakarsai Anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Khusus di Padang Selatan, Boby turut membantu menyiapkan apa yang dibutuhkan program bertema Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini.

"Kami melihat, program Kementerian PU PR yang dibawa oleh pak Andre Rosiade ke Kota Padang dan Kabupaten/Kota lainnya di Sumbar ini sangat baik. Sayang, kalau ada peserta bedah rumah yang batal mendapatkan bantuan karena ada kekurangan syarat administrasi dan lainnya," kata anggota DPRD Padang dapil Padang Selatan dan Padang Timur ini.

Boby menyebut, pada tahun 2021 ini, Andre Rosiade berkesempatan membedah 7 rumah di daerah Padang Selatan. Rumah-rumah yang benar-benar laya dibedah karena ditempati oleh keluarga yang berpenghasilan rendah.

"Kami juga ikut mengecek ke lokasi dan memastikan, mereka yang menerima layak. Program ini sangat baik dan layak didukung," kata alumni SMAN 2 Padang ini.

Boby mengatakan, satu titik program bedah ruma ini bernilai Rp20 juta, namun tidak termasuk pembanguna fondasi. Karena itu, bagi rumah yang fondasinya belum layak, diminta dipersiapkan dulu. Di sinilah, Boby mengambil peran memastikan fondasi, agar program dapat dilaksanakan.

"Sebagai wakil rakyat, kami pun membantu masyarakat untuk membuat fondasi sesuai kemampuan kita. Saya memahami kondisi masyarakat sekarang, di saat pendemi ini jangankan untuk membuat fondasi rumah, untuk makan saja sulit. Daka dari hati terdalam saya tergerak membantu mereka sesuai kemampuan saya. Bbukti nyata kepada masyarakat bahwa Gerindra selalu bersama rakyat," kata Boby.

Boby menegaskan, sesuai instruksi Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade, anggota DPRD harus berkerja nyata untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga keberadaan anggota DPRD dari Gerindra dirasakan, bukan malah menjadi beban masyarakat.

Anggota Komisi II DPRD Padang ini menambahkan, penyampaian aspirasi masyarakat tidak terbatas hanya melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang hanya dilakukan sekali dalam setahun. Karena aspirasi masyarakat terus bergulir, sementara keuangan Pemeritah Kota Padang terbatas.

"Untuk mewujudkan harapan masyarakat yang telah memilih kami pada Pemilu 2019 lalu kita wajib memperjuangkan aspirasi masyarakat," katanya.

"Allhamdulilah kita memiliki ketua DPD Partai Gerindra yang juga anggota DPR RI di komisi VI yang sangat konsisten berkerja nyata di tengah masyarakat. Sehingga, sebagai anggota DPRD Kota Padang saya bisa memenuhi harapan masyarakat melalui beliau," imbuhnya.

Bayangkan, katanya, Musrenbang hanya sekali setahun kemampuan keuangan pemerintah kota Padang juga terbatas. Sementara aspirasi masyarakat bisa datang terus-menerus.

"Untuk itu, usulan-usulan dari masyarakat kami sampaikan kepada bpk Andre Rosiade sehingga kami selaku anggota DPRD dari fraksi Gerindra bisa lebih banyak berbuat untuk memenuhi kepentingan masyarakat," katanya.

Anggota DPR RI Andre Rosiade mengatakan, bedah rumah yang diusulkannya itu berjumlah 200 unit di Dapil Sumbar 1. Untuk tahap awal, dilakukan sekitar 100 unit yang tersebar di Kota Padang, Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Dharmasraya. Lainnya, akan digelar segera.

"Kami berterima kasih kepada semua kader Gerindra, baik yang anggota dewan atau tidak yang turut menyukseskan program ini. Meski kami di Komisi VI yang tidak berhubungan dengan PU PR, Alhamdulillah diberi kesempatan untuk membantu menyukseskan bedah rumah. Semoga semua bisa tuntas tepat waktu dan dilanjutkan program berikutnya," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (*)

Baca Juga

Editor: Riki