Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Andre Rosiade Cari Solusi Bersama Dua Menteri

Andre Rosiade
Andre Rosiade (Ist)

PADANG,KLIKPOSITIF - Kebakaran hebat terjadi di Pasar Bawah Bukittinggi, Provinsi Sumbar, Sabtu (11/9/2021) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

Kebakaran di pasar tradisional yang terletak di Aua Tajungkang Tangah Sawah, Kecamatan Guguak Panjang itu menghanguskan tiga los, yaitu los ayam, los maco (ikan asin) dan los karambia (kelapa).

Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade pun tak tinggal diam dengan adanya peristiwa kebakaran tersebut. Bahkan, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu langsung menghubungi dua Menteri RI.

Pertama, Menteri Pekerjana Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perdagangan Muhamamd Lutfi.

Andre mengatakan, pada Sabtu pagi dia ditelepon Walikota Bukittinggi Erman Safar terkait kebakaran yang diperkirakan menghanguskan sekitar 400 kios dan los itu.

Erman meminta Andre menghubungi Mendag dan Menteri PU PR terkait pembangunan kembali Pasar Bawah pascakebakaran.

Andre pun menghubungi Menteri PUPR RI Basuki yang menyatakan siap membantu Pemko Bukittinggi membangun kembali Pasar Bawah Bukitittinggi.

"Kami diminta membawa Pak Wali Kota Bukittingi bertemu Pak Menteri PUPR untuk membahas pembangunan kembali Pasar Bawah ini. Mencarikan solusi agar pedagang kembali bisa berjualan seperti biasa, atau lebih baik," kata Andre Rosiade.

Dari diskusi itu, kata Andre, terungkap saat ini dengan keterbatasan dana akibat refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, usulan pembangunan pasar yang banyak di seluruh Indonesia, terpaksa diantre satu-satu. Termasuk dua usulan pembangunan pasar di Sumbar yaitu Kota Padang dan Bukitinggi.

"Karena Bukittinggi baru mendapatkan anggaran untuk pembangunan Pasar Atas, maka Kemendag mendahulukan pembangunan Pasar Fase VII Pasar Raya Padang.

"Selanjutnya baru dibangun Pasar Bawah. Kita lihat saja hasil pertemuan nanti, apa yang akan ditawarkan oleh pemerintah pusat terkait Pasar Bawah yang baru terbakar," kata Andre.

Terkait ratusan pedagang yang kehilangan tempat berjualannya, Andre meminta Wali Kota Bukittinggi yang juga Ketua DPC Gerindra Bukittinggi segera ambil tindakan terbaik.

"Harus dicarikan solusinya, memastikan para pedagang kembali bisa bangkit dan berjualan. Tentu juga bisa dicarikan lokasi sementara atau penampungan terlebih dahulu," katanya.

Kata Andre, pada 5 April 2021 lalu Mendag M Lutfi sudah mengunjungi Pasar Bawah untuk mengecek kondisi pasar yang diusulkan Pemko Bukitinggi untuk direhabilitasi.

"Semua sudah dibahas dan dipersiapkan dan akan diperbaiki. Tapi hari ini kita semua mendapatkan kabar duka, kebakaran terjadi," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Hasil pembicaran dengan Mendag, kata Andre, Wako Bukittinggi Erman Safar diminta bertemu pekan depan. Tentunya untuk mencarikan jalan keluar, agar Pasar Bawah Bukittinggi bisa ditangani segera.

Kami diminta menyampaikan agar Wako Bukittinggi ke Jakarta bertemu Mendag segera," kata anggota dewan Pembina DPP Partai Gerindra ini. (*)

Baca Juga

Editor: Riki