Kelompok Jurnalis Jadi Salah Satu Tim Terbaik Perancang Infografis Kebencanaan

Kelompok Jurnalis saat mengikuti Bimtek Jitu Pasna
Kelompok Jurnalis saat mengikuti Bimtek Jitu Pasna (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Lima tim terpilih sebagai perancang infografis bencana terbaik saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Jitu Pasna, salah satunya berasal dari perwakilan Jurnalis.

Peserta Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna Angkatan III dilatih intrik membuat infografis kebencanaan sesuai standar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

baca juga: PT Semen Padang Bantu Petani Dharmasraya 1000 Bibit Pohon Kelapa Dalam

Infografis yang dibuat peserta itu memang harus sesuai dengan data yang akurat. Apalagi grafis ini untuk menginformasikan dampak yang terjadi pasca bencana , seperti kerugian, kerusakan dan berapa warga mengungsi.

Karena infografis ini bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kepada masyarakat agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

baca juga: Tingkatkan Kompetensi Calon Lulusan SMK, Balai Jasa Konstruksi dan Disdik Gelar Kelas Industri

Dalam tantangan itu peserta diberikan waktu untuk menyelesaikan infografis yang memiliki keakuratan data dan juga desain yang bagus.

"Meskipun diberikan waktu singkat namun kita mampu menyelesaikan infografis kebencanaan ini, lewat kerjasama dan kekompakan tim dilapangan," ujar peserta dari perwakilan jurnalis, Muharman.

baca juga: Perkuat Nilai Kepahlawanan dan Keperintisan, Dinsos Sumbar Gelar Seminar Bagi Guru dan Tokoh Masyarakat

Sementara itu, Fasilitator Bimtek dari MCS Jakarta, Rurid menyebutkan tujuan peserta harus menguasai pembuatan infografis dalam kerja Tim Jitu Pasna antara lain agar dapat menjelaskan data yang dikumpulkan dari lapangan menjadi lebih mudah.

"Sebab, infografis mengkomunikasikan pesan data yang kompleks menjadi lebih sederhana. Jadi kita harus mempresentasikannya menjadi informasi yang singkat dan mudah dipahami," katanya.

baca juga: Ganti Rugi 211 Bidang Tanah Tol Padang Pekanbaru Menunggu Proses di BPN

Selain itu tambahnya, infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Pada era banjir informasi ini masyarakat merasa memiliki keterbatasan waktu untuk memahami maupun membaca informasi yang disampaikan.

"Nah, infografis efektif karena elemen visualnya. Daya tarik visual ini bisa berupa grafis yang bertema ataupun referensi (ikon dan simbol), serta dikombinasikan dengan pemilihan warna yang menggambarkan data kondisi lapangan sehingga mudah dipahami," pungkasnya.

Editor: Joni Abdul Kasir