TPA Regional Payakumbuh Over Kapasitas, Pembangunan Sel Sampah Baru Membutuhkan Rp 34 Miliar

Gubernur Sumbar didampingi Bupati Agam meninjau TPA Regional Payakumbuh
Gubernur Sumbar didampingi Bupati Agam meninjau TPA Regional Payakumbuh (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah meninjau lokasi TPA Sampah Regional Payakumbuh, di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Senin (13/9).

Mahyeldi yang didampingi Bupati Agam Andri Warman mengatakan, saat ini, TPA Sampah Regional Payakumbuh sudah melebihi kapasitasnya, karena ada 4 daerah yang memanfaatkan TPS ini. Yaitu, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Agam , Kota Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi.

baca juga: Kesembuhan Meningkat, Kasus Aktif COVID-19 di Agam Tersisa 6 Orang

"Jika ini tetap kita pertahankan, maka sampah yang menumpuk akan terus bertambah, sehingga nantinya bisa menyebabkan dampak yang buruk," ujarnya.

Oleh sebab itu, jelasnya, perlu penambahan sel sampah yang baru di TPS Sampah Regional ini.

baca juga: Mengenal Iis Kuswara, Peracik Jamu Tradisional dari Agam

"Untuk pembangunan sel sampah baru ini, dibutuhkan biaya lebih kurang sebesar Rp34 miliar. Kita juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan sel sampah tersebut," jelasnya.

Dikatakan, untuk pembuatan sel sampah yang baru tersebut, pihaknya telah menyediakan lokasi lebih kurang seluas 3 hektar.

baca juga: Bulan Bakti Karang Taruna Sumbar, Gubernur Ajak Pemuda Berperan Aktif Mendukung Program Pemerintah

"Direncanakan, pada Jumat besok, kita akan menyurati menteri untuk membahas rencana pembangunan sel sampah baru, dan bekerja sama juga dengan pihak PLN," tutupnya.

Editor: Rezka Delpiera