Mengenal SKO Sumbar yang Kini Berubah Jadi SMAN 4 Sumbar

SMAN 4 Sumbar atau Yang lebih dikenal dengan nama Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Sumbar
SMAN 4 Sumbar atau Yang lebih dikenal dengan nama Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Sumbar berdiri pada tahun 2015. Lahirnya sekolah yang kini dikenal sebagai SMA Negeri 4 Sumbar ini berawal dari sebuah wacana Kemendiknas untuk mendirikan sekolah khusus olahraga.

Akhirnya, lahirlah Sekolah Keberbakatan Olahraga yang disingkat menjadi SMANKO atau SKO. Namun seiring berjalannya waktu, SMANKO atau SKO ini berubah nama menjadi SMAN 4 Sumbar yang beralamat di Jalan By Pass Km 13 Sungai Sapih, Kota Padang.

baca juga: Sampuran Rajo Panjang, Wisata Alam yang Baru Ditemukan di Situak Pasaman Barat

SMAN 4 Sumbar merupakan binaan Dinas Pendidikan Sumbar dan ada anak-anak yang tinggal di asrama serta ada yang mandiri. Untuk anak-anak yang diasrama sendiri difasilitasi tempat tinggal, makan pagi-siang-malam. Sementara anak-anak mandiri hanya bergabung waktu sekolah reguler dan jam latihan serta tinggal di rumah masing-masing.

Berbicara SKO Sumbar , juga tidak lepas dari sosok Coach Alex Alda Yudi dan Coach King Prima. Coach Alex sendiri mulai bergabung dengan SKO Sumbar atau SMAN 4 Sumbar sejak 29 Oktober 2018.

baca juga: Ada Gelandang Muda Semen Padang FC Saat Timnas U-23 Kalahkan Tajikistan 2-1

Ia bergabung setelah pulang dari Timnas Putri Asian Games 2018 Jakarta-Palembang bersama Alm. Coach Satia Bagdja Ijatna. Ia datang bersama Coach King Prima yang memiliki cita-cita membangun sebuah akademi sepakbola.

Sebab sebelumnya anak-anak di sana tidak memiliki pelatih serta jadwal yang rutin untuk latihan. Mereka pun datang ke SMAN 4 Sumbar setelah menerima tawaran dari Limited Sekolah Aprilius dan disambut baik oleh Kepala Sekolah SMAN 4 Sumbar Drs. Erizal, M.Si.

baca juga: Boyong Dua Perak PON Papua,Andre Rosiade Sambut dan Jamu Rombongan Karateka Sumbar

Bergabungnya Coach Alex dan Coach King Prima membuat SKO Sumbar cukup berubah. Pasalnya, ia bersama siswa tetap dan beberapa orang berkomitmen untuk latihan serta melakukan pengorbanan baik moril maupun materil.

Dalam perjalanan waktu orang orang mulai mengenal SMAN 4 Sumbar atau SKO Sumbar . Saat ini tercatat SKO Sumbar memiliki siswa sebanyak 60 orang, dimana 25 orang siswa berasrama dan selebihnya siswa mandiri.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

Siswa-siswa ini berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat serta beberapa siswa dari provinsi tetangga yang menitipkan anaknya untuk berlatih sepakbola dengan SKO Sumbar seperti Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Jambi.

Menurut informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF , tercatat 3 pemain SKO Sumbar yang dipanggil seleksi Timnas U-18. Terbaru,

Bintang Arrahim dan Muhammad Rival dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti seleksi pada 12-18 September 2021 lalu.

Bintang Arrahim sendiri berposisi sebagai pemain bertahan atau belakang dan Muhammad Rival di Gelandang. Sebelumnya, Muhammad Zaki yang berposisi sebagai penjaga gawang juga telah mengikuti seleksi Timnas U-18 tahap pertama.

King Prima saat dihubungi KLIKPOSITIF beberapa waktu lalu mengatakan dengan adanya pemain SKO Sumbar yang mengikuti seleksi Timnas ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kedua pemain. Kemudian juga secara umum menjadi penyemangat bagi pemain yang lain khususnya di SKO Sumbar .

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi