Selain Pelanggaran, Satlantas Polres Pessel Utamakan Edukasi Prokes Selama Operasi Patuh 2021

Kantor Satlantas Polres Pessel
Kantor Satlantas Polres Pessel (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Selama operasi patuh 2021, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat menekan pengendara yang abai terhadap protokol kesehatan dalam berkendara.

Kasatlantas Polres Pessel , Iptu. Riwal Mulidinata mengungkapkan, selain meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara, operasi patuh 2021 ini polisi juga mengutamakan penindakan masyarakat dalam memahami protokol kesehatan.

baca juga: Boyong Dua Perak PON Papua,Andre Rosiade Sambut dan Jamu Rombongan Karateka Sumbar

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan dalam berkendara kerap diabaikan masyarakat, bahkan kerap ditaati sehingga rentan menjadi cluster baru terhadap penularan Covid-19. "Diantaranya penegakan Prokes dengan 5 M," ungkap Iptu. Riwal pada KLIKPOSITIF , Selasa 21 September 2021.

Jadwal operasi patuh 2021 berlangsung 14 hari, dari 20 September 2021, hingga 3 Oktober 2021. 5M yang dimaksud, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

Selain itu, menurut kasat, penindakan masyarakat dalam pendidikan lalu lintas (Dikmas Lantas), diantaranya pelanggaran kasat mata yang membahayakan pengendara.

"Seperti pengendara tidak menggunakan helm, tidak pakai sabuk pengaman bagi pengguna mobil dan melebihi muatan saat berkendara," tutupnya.

baca juga: Usai Lantik PAW Anggota DPRD Solsel, Zigo: Setelah Dilantik Harus Rajin Ke Kantor

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani