Dukung Event Sport Tourism Internasional, Pullman Lombok Mandalika Beach Resort Ditargetkan Beroperasi Kuartal IV 2021

Pullman Lombok Mandalika
Pullman Lombok Mandalika (BUMN.go.id)

KLIKPOSITIF - Menyambut penyelenggaraan event sport tourism yang bakal digelar di The Mandalika dalam waktu dekat, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC, BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika , Lombok, NTB, memastikan pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort terus berjalan untuk memenuhi target penyelesaian dan operasi pada Kuartal IV 2021.

Pullman Lombok Mandalika Beach Resort merupakan hotel dengan standar bintang 5, yang dibangun di atas lahan seluas 27.000 m2 dengan jumlah 257 kamar terdiri dari 27 vila dan 230 kamar building, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, restoran, kolam renang, pool bar, gym & spa, serta sarana ibadah yang sedang dalam tahap finishing. Hotel ini terletak di zona barat kawasan di dekat West Gate, Kuta Beach Park, The Mandalika , dan memiliki view dan akses privat ke pantai.

baca juga: Kasus Covid-19 Mulai Turun, Pemerintah Waspada Hadapi Natal dan Tahun Baru

Saat ini progres pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort telah mencapai 90,66%. Progres ini merupakan akumulasi dari pekerjaan Struktur, Arsitektur, Plumbing (SAP) yang mencapai 91,45% dan pekerjaan non SAP yang mencapai 89,71%.

Pekerjaan SAP meliputi pekerjaan pembangunan hotel, garden dan beach villa, spa & gym, lobby, arrival hall, MICE, musala, restoran, dan pekerjaan luar. Sementara pekerjaan non SAP meliputi pekerjaan interior, kitchen & laundry, mechanical electrical, signage,artwork, dan landscape. Pullman Lombok Mandalika Beach Resort juga telah memasuki pekerjaan pemasangan interior sebagai pelengkap fasilitas hotel.

baca juga: Realisasi PEN Sudah Capai Rp428,21 Triliun, Terbesar Untuk Perlindungan Sosial

Untuk pembangunan hotel ini, ITDC menginvestasikan modal mencapai Rp 709 Miliar dengan dukungan pendanaan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA). Pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort dikerjakan oleh anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) tbk, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung) sebagai kontraktor dan dipantau secara ketat oleh anak usaha ITDC yaitu PT ITDC Nusantara Properti (INP).

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, "Seperti diketahui, ada sejumlah event sport tourism internasional yang akan berlangsung di The Mandalika sepanjang Kuartal IV 2021 dan memasuki Kuartal I 2022, antara lain Hutama Karya Endurance Challenge 2021, Mandalika Ultra Trail 100, World Superbike (WSBK) 2021, dan MotoGP 2022. Penyelenggaraan event-event ini pastinya memerlukan ketersediaan sarana akomodasi yang representatif. Oleh karena itu, kami terus mengupayakan percepatan penyelesaian pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort untuk memenuhi target operasi pada Kuartal IV 2021. Dengan begitu, hotel ini bisa dimanfaatkan untuk menambah ketersediaan kamar pada saat event-event tersebut berlangsung."

baca juga: Anggota DPR Ini Minta Tindak Oknum Polisi yang Intimidasi Warganet

Sebagai informasi, di luar Pullman Lombok Mandalika Beach Resort , saat ini ketersediaan akomodasi di dalam zona barat kawasan yang telah tersedia mencapai 379 kamar, terdiri dari 302 kamar hotel berbintang 4 dan 77 kamar hotel kelas melati. Dengan tambahan Hotel Pullman Mandalika maka total kamar yang tersedia sebanyak 636 kamar. Kedepannya, jumlah akomodasi yang ada di dalam Kawasan The Mandalika diperkirakan akan mencapai lebih dari 1.700 kamar.

Bram menambahkan, percepatan penyelesaian pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort juga dilaksanakan guna menarik minat investor baik lokal maupun asing untuk berinvestasi di The Mandalika . "Pembangunan hotel ini kami harap bisa menjadi stimulan untuk menarik serta meyakinkan investor untuk membangun sarana akomodasi maupun penambahan amenitas lainnya di kawasan. Dengan status The Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), banyak sekali kemudahan investasi yang disediakan bagi para investor di wilayah ini, baik dari sisi fiskal maupun non fiskal," tutup Bram.

baca juga: Tolak Usulan Pemerintah, Ini Tanggal yang Disetujui Fraksi PDI-Perjuangan Untuk Pemungutan Suara Pemilu 2024

Editor: Eko Fajri