Buka Bimtek PPID, Bupati Pessel: Keterbukaan Informasi Publik Harus Sampai Seluas-luasnya untuk Masyarakat

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat membuka Bimtek dari Rumah Dinas Bupati
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat membuka Bimtek dari Rumah Dinas Bupati (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar menekan, keterbukaan informasi publik harus menjadi prioritas di seluruh instansi pelayanan masyarakat di Pessel .

Rusma Yul Anwar mengatakan, sebagai kabupaten yang informatif, tentu Pessel harus terus berbenah dan terus meningkatkan sarana prasarana komunikasi, termasuk sarana digitalnya. Menurutnya, keterbukaan informasi tersebut telah tertuang dalam visi-misi Pemkab dalam menuju daerah maju dan berkembang 2021-2026 dengan memperkuat tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan transparan.

baca juga: Sampuran Rajo Panjang, Wisata Alam yang Baru Ditemukan di Situak Pasaman Barat

"Keterbukaan informasi publik harus sampai seluas-luasnya kepada masyarakat, tentunya dengan pelayanan yang prima," ungkap Bupati Pessel saat membuka Bimtek pemeringkatan PPID Pessel secara virtual, di Painan, Rabu 22 September 2021.

Peserta Bimtek pemeringkatan terdiri dari PPID nagari, kecamatan dan PPID perangkat daerah . Dalam pembukaan, hadir Wakil ketua KPID Sumatera Barat ( Sumbar ) Arif Yumardi dan Bupati Pessel didampingi, Kepala Dinas Kominfo Pessel Junaidi.

baca juga: Ada Gelandang Muda Semen Padang FC Saat Timnas U-23 Kalahkan Tajikistan 2-1

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bimtek Pemeringkatan PPID, Kabid Statistik dan Pelayanan Informasi (SPI) Dinas Kominfo, Harison Tar, menyampaikan, Bimtek bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan informasi publik di setiap badan publik di daerah ini

Selain itu, Bimtek juga dimaksud guna memonitoring dan melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi publik, tentunya dengan tujuan tercapainya sasaran pelayanan publik di daerah .

baca juga: Pemko Pariaman Sulit Tarik Investor Karena Belum Miliki RIPM

"Diharapkan bimtek ini tidak hanya meningkatkan pelayanan informasi publik di segi kuantitas tapi juga kualitas," tutup Harison Tar.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani