Pelatihan Penulisan di Tanah Datar, Kemenkominfo Sebut Jurnalis Harus Siap Hadapi Transformasi Digital

Peserta pelatihan digital jurnalis yang digelar Kemenkominfo
Peserta pelatihan digital jurnalis yang digelar Kemenkominfo (Diskominfo)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI terus melakukan percepatan transformasi digital nasional di beberapa sektor strategis diantaranya digitalisasi masyarakat, pelaku UMKM, dan media massa di daerah.

"Era transformasi digital tidak bisa dihindari lagi, jadi media massa harus siap beradaptasi dengan dunia digital untuk membuka akses informasi yang benar kepada masyarakat," ucap Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan, Ibrar Samekto pada Pelatihan Digital Jurnalis di Pagaruyung, Rabu 22 September 2021.

baca juga: Hari Ini, Seorang Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di Tanah Datar

Ibrar menyebut untuk menyukseskan program transformasi digital tersebut Kemenkominfo tengah menyiapkan infrastruktur pendukung teknologi informasi seperti jaringan 4G sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses semua informasi.

Namun demikian, Ia mengingatkan semua pihak untuk berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi di dunia digital apalagi menyangkut persoalan hukum, karena jejak digital tidak bisa dihapus dalam waktu singkat dan bila ingin menghilangkannya harus melalui lembaga Pengadilan.

baca juga: Kegiatan KIE di Tanah Datar, Darul Siska Sebut Ini Penyebab Capaian Vaksinasi Sumbar Rendah

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar menyampaikan agar informasi atau produk jurnalistik yang dihasilkan media massa harus berdampak positif pada masyarakat.

"Jadi dituntut kreatifitas jurnalis dalam membuat berita sehingga berdampak positif pada masyarakat dan menjadi pemersatu, menjaga stabilitas dan memberikan informasi yang benar atau bukan berita bohong," tutur Abrar.

baca juga: Polres Tanah Datar Gelar Vaksinasi di Rutan Batusangkar, 160 Orang Divaksin

Kepala Bidang IKP Diskominfo Tanah Datar Roza Melfita menyampaikan peserta pelatihan ini diikuti sebanyak 65 orang jurnalis yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar dengan pemateri dari BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto dan Frans HS Sembiring.

"Pelatihan Digital Jurnalis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan meningkatkan pemahaman jurnalis, sekaligus meningkatkan keterampilan daya saing SDM bidang teknologi informasi dalam menyongsong transformasi digital nasional," Roza. (*)

baca juga: Kebakaran Dekat Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar, Dua Kedai Ludes Terbakar

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi