Pemerintah Berharap Peran Lembaga Zakat dapat Lebih Maksimal dalam Memutus Rantai Kemiskinan di Indonesia

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Pandemi Covid-19 telah memunculkan dampak negatif seperti kenaikan angka kemiskinan dan kenaikan tingkat pengangguran, sehingga banyak penduduk dan kepala keluarga yang telah kehilangan pekerjaanya.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemenko PMK bekerjasama dengan K/L terkait melaksanakan Rapat Koordinasi Program Prioritas Nasional Layanan Keagamaan. Melalui Program Prioritas Moderasi Beragama, menjadi salah satu upaya strategi dalam rangka meperkukuh toleransi dan meneguhkan kerukunan dalam kebhinekaan.

baca juga: Januari 2022, KPU Tanah Datar Tetapkan 264.348 Orang Masuk DPB

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Agus Sartono menjelaskan terdapat beberapa Program Prioritas Moderasi Beragama.

"Program Prioritas Moderasi Beragama yang dilakukan meliputi peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama mencakup peningkatan fasilitas pelayanan keagamaan, pelayanan bimbingan perkawinan, penguatan penyelenggaraan jaminan produk halal, serta peningkatan kualitas penyelenggaraan haji serta umrah, pengembangan ekonomi umat dan sumber daya keagamaan' ucapnya saat memberikan sambutan secara daring.

baca juga: Targetkan 13 Juta Unit KBLBB Roda Dua pada 2030, Efisiensi Penggunaan BBM Bisa Ratusan Triliun Rupiah

Ia juga berharap kedepannya dapat memaksimalkan layanan keagamaan untuk memberantas kemiskinan , mewujudkan kesejahteraan rakyat, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

"Kami berharap Kementerian/Lembaga, BAZNAZ, Lembaga Amil Zakat, Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, YBM BRI, dan seluruh komponen bangsa lainnya terus berupaya menguatkan pemberdayaan, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya manusia, termasuk ikut berpartisipasi dalam menurunkan angka kemiskinan serta menanganin permasalahan sosial lainnya" jelasnya.

baca juga: Pemilu 2024 pada 14 Februari, Politisi NasDem Beri Catatan Ini

Agus Sartono tidak lupa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Badan/ Lembaga Zakat dan Wakaf di Indonesia atas kontribusi aktifnya dalam membantu pemerintah memberantas kemiskinan .

"Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucap terima kasih kepada saudara-saudara yang telah berkontribusi membantu pemerintah dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan berusaha memutus rantai kemiskinan di Indonesia' ujarnya.

baca juga: Pemkab Tanah Datar Mulai Terapkan Pemeriksaan QR Code Peduli Lindungi di Instansi Pemerintahan

Pada rapat tersebut dihadiri oleh Kementerian Agama, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Badan Pelaksana Jaminan Produk Halal (BPJPH), Forum Zakat, Badan Wakaf Indonesia, Forum Wakaf Produktif, Yayasan Baitul Maal BRI, Dompet Dhuafa, LAZIZ Muhammadiyah, dan lain sebagainya.

Editor: Eko Fajri