RSUP M Djamil Padang Luncurkan Aplikasi Bigstar, Ini Kegunaannya

Peluncuran Aplikasi Bigstar di RSUP M Djamil Padang
Peluncuran Aplikasi Bigstar di RSUP M Djamil Padang (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) DR M Djamil Padang meluncurkan aplikasi Big Data Support of Analytical Research (Bigstar).

Aplikasi tersebut berisikan data-data yang dibutuhkan dalam hal penelitian inovatif berbasis bukti dan terpublikasi internasional.

baca juga: RSUP M Djamil Padang Gelar Vaksinasi Bagi Anak Usia 12 - 17 Tahun

Direktur Utama (Dirut) RSUP dr. M. Djamil Padang, Dr. dr. Yusirwan mengatakan, aplikasi Bigstar diluncurkan sebagai upaya untuk menjadi Rumah Sakit terkemuka dalam pelayanan pendidikan dan penelitian di Asia Tenggara.

Ia menyebutkan, aplikasi Bigstar merupakan jawaban sekaligus tantangan untuk menjadi pusat data penelitian terkait dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

baca juga: Senam Semangat Kemerdekaan ala Pasien Terkonfirmasi Positif di RSUP M Djamil Padang

Menurut Yusirwan, data-data yang berkaitan dengan pelayanan kepada pasien, yang terintegrasi dengan sistem informasi manajemen RS sehingga data-data tersebut dapat dijadikan pusat data yang dapat mendukung penelitian bidang kesehatan.

"Data-data yang sulit diakses oleh peneliti akan dipermudah melalui aplikasi Bigstar ini sehingga para peneliti, mahasiswa, pendidik, dosen dalam bidang kesehatan khususnya dan bidang lainnya dapat memperoleh data penelitian dengan cepat, mudah, valid, dan terpercaya," katanya di RSUP DR M Djamil Padang , Kamis (23/9/2021)

baca juga: Sebanyak 4.328 Civitas Hospitalia M Djamil Padang Tuntas Divaksin Booster Ketiga

Aplikasi Bigstar tersebut nantinya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien berdasarkan riset yang terukur dan diharapkan pelayanan yang diterima oleh pasien benar-benar aman dan sesuai standar yang baku.

Yusirwan mengungkapkan, kehadiran aplikasi Bigstar juga merupakan bentuk dukungan terhadap amanat Menteri Kesehatan (Menkes) untuk menjadikan RS vertikal termasuk RSUP dr. M. Djamil Padang sebagai pusat riset nasional.

baca juga: Pemprov Minta Tambahan Obat, Ventilator dan Vaksin ke Pemerintah Pusat

"Kami percaya bahwa kehadiran aplikasi Bigstar ini akan memperoleh data yang mudah, valid, dan terpercaya, dan kami di RSUP siap untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada masyarakat berbasis riset," ujarnya.

Sementara itu, Direktur SDM, Pendidikan, dan Umum sekaligus Project Leader Bigstar, dr. Dovy Djanas mengatakan, ada 3 keunggulan aplikasi Bigstar yakni mudah, valid, dan terpercaya. Bigstar memudahkan peneliti dalam melihat visual data penelitian yang diminati.

Kemudian aplikasi Bigstar menyediakan jumlah data besar, menyediakan ekstraksi data melalui file excel secara cepat, valid, mudah, dan terpercaya dengan melengkapi dokumen persyaratan surat lulus kaji etik, surat izin penelitian dan proposal penelitian kepada bagian pendidikan dan penelitian (Diklit) RSUP dr. M. Djamil Padang.

Ia menambahkan, pada awal pengembangan, aplikasi Bigstar menyajikan kebutuhan terkait data-data penelitian Covid-19, selanjutnya akan diteruskan terhadap penyakit-penyakit dengan prevalensi tinggi seperti jantung, paru-paru, kanker, dan lainnya.

Aplikasi Bigstar saat ini memiliki lebih dari 12 ribu data penelitian tentang Covid-19 dan variabel penelitian yang disajikan oleh aplikasi Bigstar meliputi karakteristik demografi yakni umur pasien, jenis kelamin, status pernikahan.

"Lalu, variabel penelitian yang disajikan Bigstar juga meliputi kondisi klinis seperti keluhan awal dan komorbid serta hasil laboratorium berupa hematologi, kimia klinik, hemostatis, imunologi, dan analisa gas darah serta luaran pasien," jelas Dovy.

Dovy berharap dengan diluncurkannya aplikasi Bigstar ini bisa mewujudkan cita-cita RSUP dr. M. Djamil Padang untuk menjadi menjadi Rumah Sakit terkemuka dalam pelayanan pendidikan dan penelitian di Asia Tenggara.(rilis)

Editor: Muhammad Haikal