UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Rektor UMMY Solok, Prof. Syahro Ali Akbar ingatkan mahasiswa manfaatkan bantuan sesuai peruntukan
Rektor UMMY Solok, Prof. Syahro Ali Akbar ingatkan mahasiswa manfaatkan bantuan sesuai peruntukan (Klikpositif)

Solok Kota, Klikpositif - Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok kembali menyalurkan buku rekening bagi mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021.

Tercatat, tahun 2021, sebanyak 135 mahasiswa baru dari empat fakultas menjadi penerima program KIP Kuliah Pemerintah Pusat. Jumlah ini naik dibanding tahun 2020, dimana hanya 109 Mahasiswa yang mendapat bantuan KIP Kuliah.

baca juga: Kota Solok terima BKN Award 2021

Mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah akan dibiayai uang perkuliahan selama delapan semester, dan juga diberikan uang saku atau bantuan biaya hidup selama kuliah.

"Alhamdulillah, ini berkah bagi kampus dan juga mahasiswa, biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah dibantu oleh pemerintah," ungkap Rektor UMMY Solok, Prof. Syahro Ali Akbar saat penyerahan buku rekening di Komplek Rusunawa, Kota Solok .

baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Solok Meningkat, Pemko Optimis Capai Herd Immunity

Penyerahan itu dihadiri langsung Kepala Cabang BTN Solok, Lusia Jevi, Kepala Cabang Bank Nagari Solok, Albert Junaidi, Civitas UMMY Solok, dan ratusan mahasiswa penerima bantuan. Ditengah pandemi, kegiatan dilaksanakan dengan Prokes Covid-19.

Dikatakan Rektor, untuk bantuan uang saku program KIP Kuliah tahun 2021, mahasiswa menerima bantuan Rp4,8 juta setiap semesternya. Jumlah ini naik 600 ribu per semester dibanding tahun sebelumnya.

baca juga: Gasak Alat Bengkel, Pemuda Ini Diciduk Tim Polsek Solok Kota

Dihadapan mahasiswa, Rektor berpesan agar mahasiswa memanfaatkan uang bantuan yang diberikan pemerintah betul-betul untuk kebutuhan dan penunjang kuliah.

"Jangan dipakai untuk kebutuhan lain-lain yang tidak perlu, manfaatkam sesuai dengan peruntukannya," pesan Rektor UMMY Solok.

baca juga: Tingkatkan Prokes dan Kamtibmas, Polres Solok Kota Libatkan Komunitas Ojek

Ditegaskannya, mahasiswa penerima KIP Kuliah dituntut untuk berprestasi, memiliki Indeks Prestasi bagus dan tamat tepat waktu. Kendati demikian, bukan berarti mahasiswa hanya kuliah dan pulang atau istilahnya Kupu-kupu.

"Banyak organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik internal maupun eksternal, mahasiswa harus aktif disana. Belajar berorganisasi, belajar bicara di depan umum, keberhasilan pasca kuliah tidak hanya faktor akademis tapi juga soft skill dan itu tidak diajarkan di bangku kuliah," tegasnya.

Uang saku mahasiswa penerima KIP Kuliah dari Kemendikbud disalurkan melalui rekening pribadi mahasiswa di Bank BTN Cabang Solok. Sementara bantuan uang kuliah disalurkan ke rekening kampus.

Selain itu, pihak kampus UMMY Solok juga menggandeng Bank Nagari Solok untuk soal transaksi keuangan mahasiswa tahun 2020. Bank Nagari memfasilitasi kartu mahasiswa yang langsung dijadikan sebagai ATM.

Editor: Syafriadi