Dapat Penghargaan Nasional, Perumda Tirta Sago Payakumbuh Raih TOP BUMD Award 2021

Dirut Perumda Tirta Sago Khairuk Ikhwan (tengah) saat menerima penghargaan nasionalTOP BUMD Award 2021
Dirut Perumda Tirta Sago Khairuk Ikhwan (tengah) saat menerima penghargaan nasionalTOP BUMD Award 2021 (Ade Suhendra)
JAKARTA, KLIKPOSITIF -

Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh raih penghargaan nasional TOP BUMD Award 2021, Jumat 10 September 2021 di Jakarta. Penghargaan tersebut merupakan kegiatan corporate rating atau penilaian kinerja BUMD terbesar di Indonesia yang memberikan penghargaan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sago Khairul Ikhwan mengatakan penghargaan ini meliputi atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yangtelah dilakukan. Salah satunya contohnya dikatakannya terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

baca juga: Kembali Jadi Contoh, Pemkab Pelalawan Studi Tiru ke Kota Payakumbuh

"Kegiatan TOP BUMD Awards ini diselenggarakan oleh majalah Top Business yang diterbitkan PT Madani Solusi Internasional yang bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis.Beberapa yang terlibat seperti LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bandung," katanya.

Ia menjelaskan dalam penilaian award tersebut melibatkan dewan Juri sekitar 10 profesor, beberapa doktor, dan para praktisi serta konsultan bisnis. Kegiatan TOP BUMD Awards tahun 2021 ini dikatakannya diikuti 200 nominasi BUMD terbaik yang sebelumnya sudah diseleksi dari 1.150 BUMD di seluruh Indonesia.

baca juga: Sebanyak 136 Warga Payakumbuh Terima Bantuan Dari Kemensos RI

"Termasuk Perumda Air Minum Tirta Sago yang mengikuti kegiatan corporate rating dengan menyajikan keberhasilan-keberhasilan perusahaan. Ini menjadi langkah awal dan menjadi daya dorong serta motivasi untuk selalu berupaya menjadi yang lebih baik," ujar Dirut Perumda Tirta Sago yang juga merupakan saudara kandung mantan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang hadir menyaksikan acara ini secara langsung mengucapkan selamat kepada Perumda Air Minum Tirta Sago atas pencapaiannya yang tetap berkinerja dengan baik pada masa pandemi COVID-19 ini. Ia mengapresiasi dan mengingatkan Perumda Tirta Sago untuk lebih bersemangat serta terus berinovasi demi kinerja yang baik ke depannya.

baca juga: Wawako Erwin Yunaz Jadi Pembina Upacara di Hari Guru Nasional

"Salah satu keberhasilan yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Sago yang saya dengar yaitu pencapaian target kontrak kinerja pendapatan, jumlah pelanggan, kehilangan air dan opini audit Direksi Periode 2020-2025, serta penetapan program yang dianggap sudah tepat dan lebih peduli terhadap keluhan pelanggan," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah