Naik Setingkat, Kota Solok Raih Penghargaan APE Madya

Wako dan Wawako Solok, H. Zul Elfian-Ramadhani menerima penghargaan APE Madya
Wako dan Wawako Solok, H. Zul Elfian-Ramadhani menerima penghargaan APE Madya (Prokomp)

Solok Kota, Klikpositif - Keseriusan Kota Solok dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender medapat apresiasi dari pemerintah pusat. Kota Solok kembali menerima Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020.

APE merupakan suatu bentuk pengakuan atas komitmen dan peran Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan Gender.

baca juga: Kota Solok terima BKN Award 2021

Kabar baiknya, Kota Solok naik level dari kategori Pratama ke Madya. Naik satu tingkat. Sebuah pengakuan, Kota Beras Serambi Madinah cukup serius dalam menindaklanjuti isu-isu soal kesetaraan gender.

Penghargaan yang biasanya diserahkan langsung Presiden dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, namun karena pandemi, diserahkan secara mandiri melalui OPD terkait.

baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Solok Meningkat, Pemko Optimis Capai Herd Immunity

Menanggapi hal itu, Wako Solok H. Zul Elfian mengatakan, Pemerintah Daerah terus berupaya untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan. Perempuan juga punya peran penting dalam menyukseskan.

"Melalui pengarusutamaan gender, peran perempuan akan lebih terbuka untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan juga aspek kehidupan lainnya," tutur Zul Elfian, Selasa (28/9/2021).

baca juga: Gasak Alat Bengkel, Pemuda Ini Diciduk Tim Polsek Solok Kota

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra mengaku sangat bersyukur atas kebaikan level APE yang diterima Kota Solok . Hal ini tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan semua komponen.

"Tentunya ini akan menjadi motivasi bagi semua instrumen untuk bekerja lebih ekstra dalam mewujudkan pembangunan yang berkeadilan gender," tutur Dhani.

baca juga: Tingkatkan Prokes dan Kamtibmas, Polres Solok Kota Libatkan Komunitas Ojek

Pada Anugerah APE tahun 2018, Kota Solok meraih peringkat Pratama dan tahun 2020, Kota Solok naik ke tingkat Madya.

Editor: Syafriadi